kumparan
20 Sep 2019 15:57 WIB

Jangan Cuma Seoul, Coba Kunjungi Gangwon Saat Liburan ke Korea Selatan

Alpensia Ski Resort di Pyeongchang Foto: Dok. Gangwon Province
Korea Selatan memang sepertinya tak pernah kehabisan akal untuk memajukan pariwisatanya. Selain bekerja sama dengan agen perjalanan dalam membuat travel fair, kali ini Korea Selatan mempromosikan salah satu provinsinya dengan mengadakan Gangwon International Travel Mart (GITM).
ADVERTISEMENT
Diselenggarakan pada Kamis (19/9) di salah satu hotel di kawasan Jakarta Selatan, Gangwon International Travel Mart memperkenalkan destinasi wisata menarik dan atraksi seru yang bisa kamu dapatkan di provinsi ini saat liburan. Apalagi mengingat Korea Selatan masih menjadi salah satu negara favorit tujuan liburan masyarakat Indonesia.
Pulau Nami pada musim gugur Foto: Dok. Gangwon Province
Lokasinya yang tak terlalu jauh dari Seoul, lanskapnya yang menawan, dan transportasi yang mudah membuat Gangwon patut kamu masukkan ke dalam daftar liburanmu.
Apalagi di Gangwon, kamu bisa menyambangi berbagai destinasi wisata yang pernah dijadikan sebagai lokasi syuting drama Korea populer, seperti Descendant of the Sun, Winter Sonata, Saimdang: Memoir of Colors, hingga Goblin. Wah, tentunya pengalamanmu saat liburan akan terasa semakin seru.
ADVERTISEMENT
Menurut Wakil Gubernur Provinsi Gangwon, Jeong Man Ho, Provinsi Gangwon sangat menarik karena dapat dikunjungi dalam berbagai musim. Setiap musim di Gangwon dapat dinikmati dengan cara berbeda dan akan menghasilkan pengalaman yang berbeda pula.
"Kalau musim panas, wisatawan bisa surfing di lautan dan pada musim gugur bisa melihat dedaunan yang berjatuhan, itu indah sekali. Pada musim semi, kita bisa trekking dan hiking ke gunung, dan di musim dingin bisa bermain ski. Provinsi Gangwon punya suhu yang lebih rendah, sekitar 5-7°C dibandingkan provinsi lainnya, jadi ketika musim panas tidak akan terlalu panas," ungkapnya ketika ditemui kumparan dalam acara Gangwon International Travel Mart.
Menurut Wakil Gubernur Provinsi Gangwon, Jeong Man Ho Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Lokasinya yang didominasi oleh pegunungan dan dihiasi banyak pepohonan, serta memiliki lautan membuat suhu di kawasan ini tidak terlalu ekstrem untuk dinikmati wisatawan dari Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT
Bagi yang ingin menikmati musim dingin di Korea Selatan, kamu bisa menyambangi provinsi ini tanpa ragu, karena biasanya salju turun lebih awal dan bertahan paling lama di Gangwon. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati salju adalah Seoraksan National Park.
"Kalau musim dingin, rata-rata suhunya mencapai -25 °C, tetapi kalau di kawasan ski, bisa sampai -30°C. Salju biasanya turun di Gangwon mulai dari akhir Oktober kalau di daerah dekat dengan pegunungan dan paling lambat berakhir pada bulan April," tambah Man Ho.
Karena kelebihan itu pula, musim dingin menjadi salah satu andalan bagi wisata di Gangwon. Terbukti dari prestasinya pada tahun 2018 lalu sebagai tuan rumah bagi Winter Olympics dan Winter Paralympics yang dinilai sebagai salah satu yang terbaik.
Wisatawan berski di High Resort Jeongseon Foto: Dok. Gangwon Province
Menurut penuturan Jeong Man Ho, lembaga non-profit European Olympic Committee (EOC) bahkan memberikan komentar bahwa olimpiade yang digelar di Gangwon tidak memiliki kekurangan. Ia juga menambahkan bahwa selama sejarah olimpiade di dunia, olimpiade yang digelar di Gangwon mendatangkan tamu dan menghadirkan cabang olahraga terbanyak.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, kamu tidak perlu khawatir soal transportasi maupun lokasi penginapan. Karena ada banyak hotel dan resor berbintang yang bisa kamu pilih dan sesuaikan untuk menginap. Provinsi Gangwon bahkan menghadirkan transportasi berbentuk taksi dengan biaya spesial untuk turis asing yang bertajuk Tourist Taxi.
Tourist Taxi adalah fasilitas taksi bagi wisatawan yang dapat kamu gunakan mulai dari pukul 09.00-17.30 waktu setempat dengan biaya hanya 20 ribu Won saja atau setara Rp 236 ribu untuk tiga jam pertama. Untuk jam-jam berikutnya, kamu akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu won per jam atau setara Rp 110.830.
Tarif ini jauh lebih murah dari tarif normal yang biasanya dibanderol dengan harga 60 ribu Won untuk tiga jam atau setara Rp 709.560. Tourist taxi dapat memuat hingga empat orang dan dapat digunakan di Chuncheon dan Gangneung. Untuk bisa mendapatkannya, kamu cukup membawa paspor saja.
Maengbang Canola Festival di Samcheok Foto: Dok. Gangwon Province
Menariknya lagi, pengemudi Tourist Taxi pada umumnya bisa berbahasa asing dan juga dilengkapi dengan mesin penerjemah. Sehingga akan memudahkanmu saat berkunjung. Selain transportasi dan penginapan, wisatawan Indonesia biasanya fokus terhadap makanan halal, apalagi di tengah negara yang mayoritas non-Muslim.
ADVERTISEMENT
Fasilitas moslem friendly inilah yang juga menjadi salah satu kebanggan Gangwon, karena bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjungnya.
"Tentu saja kami menyediakan restoran-restoran halal dan tempat untuk salat, misalnya musala di titik yang banyak wisatawan. Alasan wisatawan Indonesia datang ke Pulau Nami adalah karena memiliki banyak makanan halal yang enak dan ruang berdoa yang nyaman," jelas Jeong Man Ho.
Dakgalbi, salah satu makanan terbaik dan andalan saat traveling di Chuncheo, Gangwon Foto: Dok. Gangwon Province
Untuk yang senang berbelanja, terutama untuk urusan kecantikan, kamu juga bisa melakukannya di Gangwon. Sebab, di Gangwon terdapat tempat perbelanjaan ternama dan terkenal dengan kosmetiknya yang bagus, serta harganya yang murah.
Gangwon juga terkenal sebagai salah satu penghasil makanan sehat terbaik di Korea Selatan. Alamnya yang indah dan masih alami menghasilkan bahan-bahan yang bagus pula untuk dijadikan makanan kesehatan.
ADVERTISEMENT
Gimana, kamu tertarik berkunjung ke Gangwon saat liburan ke Korea Selatan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan