Pencarian populer

Menikmati Indahnya Pantai Kolbano, Pantai Berbatu Kerikil di Kupang

Pantai Kolbano. (Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan)

Nusa Tenggara Timur (NTT) tak hanya dikenal dengan wisata alam dan bawah lautnya yang menawan. Pantai-pantai yang ada di NTT ternyata juga memiliki pemandangan yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Pantai Kolbano yang terletak di Pulau Timor. Berlokasi di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, pantai ini jadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

kumparanTRAVEL berkesempatan untuk menyusuri keindahan pantai tersebut atas undangan Media Site dan Collaborative Destination Development Angkasa Pura I, pada Senin (10/12).

Pantai Kolbano. (Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan)

Untuk mencapai Pantai Kolbano terbilang cukup melelahkan karena kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih tiga jam jika berangkat dari kota Kupang, ibu kota Provinsi NTT. Selama perjalanan kamu akan melewati jalur yang berbukit-bukit dan juga berkelok-kelok.

Namun, jangan khawatir. Rasa lelahmu akan terbayarkan ketika kamu telah sampai di pantai tersebut.

Embusan angin yang menerpa serta suara deburan ombak di pinggir pantai seakan menyapamu ketika menginjakkan kaki di pantai tersebut. Sejauh mata memandang, kamu akan melihat hamparan pasir pantai yang luas dengan air lautnya yang berwarna biru pirus.

Pantai Kolbano terbilang sangat unik dan berbeda bila dibandingkan dengan pantai-pantai lain pada umumnya. Biasanya sebuah pantai memiliki pasir putih yang indah atau warna lain yang ada di tepiannya. Tapi tidak dengan pantai yang satu ini. Di tepi Pantai Kolbano dihiasi dengan kerikil-kerikil warna-warni yang lembut berukuran kecil hingga sebesar kepalan tangan.

Pantai Kolbano. (Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan)

Tak hanya itu, pantai ini juga dikenal memiliki pemandangan sunset dan sunrise yang indah. Asal-usul pantai ini juga sangat menarik untuk ditelusuri.

Awalnya pantai ini hanyalah tempat persinggahan warga lokal setelah mereka pergi ke Pasar Kolbano. Dan akhirnya pantai ini menjadi salah satu daya tarik pariwisata.

“Awalnya pantai ini jadi cuma tempat singgah warga lokal dari Pasar Kolbano,” ujar Ody Kaseh salah satu warga Desa Kolbano, ketika berbincang-bincang dengan kumparanTRAVEL.

Bahkan karena keindahannya, pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan.

“Dari Australia, dari semua tempat banyak. Bahkan mereka (turis) ada yang menginap dan bawa tenda sendiri,” tambahnya.

Tak hanya panorama pantainya yang indah. Di sekitar pantai kamu akan menemukan sebuah batu karang besar dengan sebuah tugu salib yang dibuat ketika peringatan paskah.

“Tugu yang ada di sekitar batu itu hanya dibuat untuk peringatan paskah saja. Dua tahun yang lalu,” ujar Ody.

Rumah penduduk di sekitar Pantai Kolbano (Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan)

Namun sangat disayangkan, fasilitas di pantai tersebut belum memadai. Karena baru hanya ada warung sederhana dan toilet yang dibuat oleh warga dengan swadaya.

Untuk menikmati keindahan pantai ini kamu harus membayar sekitar Rp 2 ribu per orang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 10 Ribu untuk mobil dan Rp. 3 Ribu untuk motor.

Dan apabila kamu ingin menginap di sekitar pantai tersebut, terdapat rumah-rumah warga yang bisa kamu sewa untuk menghabiskan malam.

Tertarik untuk berkunjung ke Pantai Kolbano?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: