kumparan
2 Jan 2018 14:54 WIB

Pulau Dodola di Morotai, Mutiara Cantik dari Maluku Utara

Pulau Dodola, Kabupaten Morotai, Maluku Utara (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)
Rasanya semua setuju dan tak menampik jika Indonesia Timur menyimpan kekayaan alam yang sangat banyak. Suguhan pemandangannya masih alami, masyarakatnya yang ramah, hingga biota laut yang terlalu sayang jika tidak dilihat langsung dengan mata telanjang.
ADVERTISEMENT
Selain itu, banyak pula hamparan pulau-pulau kecil yang juga tak kalah indahnya. Pulau Morotai contohnya. Salah satu pulau paling utara di Indonesia ini merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Halmahera Utara yang banyak menyimpan sejarah, terutama dari Perang Dunia II.
Namun di samping itu, pulau ini memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Pulau Dodola yang oleh pemerintah daerah setempat disebut sebagai mutiara di bibir pasifik.
Loading Instagram...
Pulau Dodola terdiri dari dua pulau, yakni Dodola Besar dan Dodola Kecil. Masing-masing pulau ini hanya berjarak 500 meter.
Uniknya, saat air pasang tiba, Dodola Besar dan Dodola Kecil akan menyatu dan terpisah kembali ketika air surut. Dilansir dari situs resmi Kabupaten Pulau Morotai, waktu rentang air surut di sini cukup lama, yakni antara pukul 10.30 hingga 19.00 waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Saat berkunjung ke sini, kamu akan disapa dengan pasir putih yang halus, air laut bak kristal serta langit yang cerah. Dodola juga menjadi tempat favorit untuk diving, main jetski, memancing, hingga snorkeling. Kamu juga bisa menemukan beberapa kapal dan pesawat yang karam di dasar laut.
Loading Instagram...
Jika ingin bermalam di sini, tak perlu khawatir. Di Dodola terdapat cottage yang harganya cukup terjangkau. Namun perlu diketahui, tempat ini belum tersedia jaringan listrik, sedangkan untuk sinyal telepon, masih bisa digunakan di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan