Pencarian populer
Pulau Terpadat di Dunia Ternyata Ada di Indonesia
Pulau Bungin (Foto: Instagram @harryhermanan)

Indonesia menduduki peringkat empat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Dengan 35 provinsi di negara ini, Pulau Jawa lah yang menjadi pulau paling pendadat penduduk di Indonesia.
Tetapi rupanya, ada pulau lain di Indonesia yang dinobatkan sebagai pulau terpadat di dunia. Pulau Bungin namanya.
Sebagian dari kamu mungkin masih asing saat mendengar nama pulau ini. Sejatinya, pulau ini terletak di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
Ditilik dari situs Pariwisata Kabupaten Sumbawa, Awal mulanya pulau ini berupa hamparan pasir putih dengan luas 3 hektar daratan utama. Seiring bertambahnya penduduk, luas pulau ini pun ikut bertambah.
Loading Instagram...
Bertambahnya luas pulau ini dikarenakan adanya tradisi setempat yang mewajibkan setiap pemuda yang hendak menikah untuk menyiapkan tempat membangun atau mendirikan rumah dengan cara menyusun batu-batu karang di sisi luar pulau.
Karena terlalu padat bahkan pulau ini tak memiliki lahan hijau dan tidak memilki garis pantai, karena lahanya semua tertutup oleh bangunan.
Pulau ini dihuni hingga 3.500 orang. Bahkan, saking padatnya, satu atap rumah bisa dihuni hingga tiga kepala keluarga. Padahal sejatinya, pulau ini hanya berupa gundukan pasir pantai dan karang yang luasnya hanya 8,5 hingga 12 hektar saja. Bisa terbayang dong seberapa padatnya pulau ini?
Loading Instagram...
Warga Pulau Bungin merupakan Suku Bajo asal Sulawesi Selatan. Dengan mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan. Di sini kamu tak bisa melihat adanya perkebunan, mauapun lahan pertanian. Yang ada hanyalah pertanian saja. Penduduk di sini biasanya memelihara hewan ternak.
Namun, mirisnya adalah hewan tersebut telah terbiasa memakan ikan kering, kertas, hingga bahan pakaian. Selain kekurangan lahan, masalah utama di pulau ini adalah sampah dan sanitasi.

----
Kamu mau uang tunai untuk jalan-jalan? Silakan ikuti kompetisi menulis bersama tiket.com. Hadiah totalnya Rp 25 juta dan lomba berakhir pada 14 Januari 2018. Info selengkapnya bisa dilihat di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: