Pencarian populer

Respons Kepala TNBTS soal Wacana Kereta Gantung di Gunung Bromo

com-Gunung Bromo. Foto: Shutterstock

Keindahan Gunung Bromo tentunya sudah sangat terkenal oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Salah satu alasan, kenapa wisatawan berkunjung ke Bromo adalah untuk menyaksikan panorama matahari terbit dan terbenamnya yang memukau.

Sebelum menuju puncak, untuk menyaksikan panorama sunrise ataupun sunset di Bromo, biasanya wisatawan akan menggunakan jasa sewa mobil jeep untuk mengantarkan wisatawan ke puncak. Namun, selain jeep, kabarnya wisatawan nantinya akan bisa ke puncak Bromo tanpa repot dengan cable car (kereta gantung).

Pasalnya, baru-baru ini wacana kereta gantung di kawasan wisata Gunung Bromo-Tengger-Semeru mencuat. Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, beberapa waktu lalu.

Untuk mengkonfirmasikan hal tersebut, kumparan pun menghubungi Kepala Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Syarif Hidayat. Syarif mengatakan hal ini masih sebatas wacana.

"Kita belum ada pembahasan terkait dengan hal yang sedang ramai (kereta gantung) itu ya. Hal ini hanya wacana dari gubernur ya. Tapi, kita belum ada pembahasan lebih lanjutnya," ujar Syarif.

Terkait pembangunan kereta gantung ini, Sang Gubernur belum menyebutkan rencana lokasi pembangunan stasiun kereta gantung dan puncak bukit mana yang akan digunakan sebagai tujuan dari kereta gantung ini.

"Kalau saya lihat beritanya itu konsepnya ibu Gubernur. Untuk pembahasan nanti ya, setelah itu baru mungkin ada statement atau apa. Tapi ke arah sana kita belum ada," imbuhnya.

Pembangunan kereta gantung ini diharapkan dapat memudahkan wisatawan yang ingin menikmati indahnya panorama terbit maupun terbenam di Gunung Bromo.

Dalam hal ini Pemprov Jatim juga perlu mengkaji terlebih dahulu rencana proyek tersebut. Pasalnya, sektor perekonomian di Gunung Bromo sendiri saat ini didominasi oleh jasa angkutan jeep yang mengantarkan para wisatawan yang berwisata di sekitar Gunung Bromo.

Nah menurut kamu, setujukah kawasan Bromo dibangun kereta gantung ala luar negeri ini?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.54