Pencarian populer

Salahkah Meninggalkan Kamar Hotel Berantakan saat Check Out?

Ilustrasi sprei hotel dibiarkan berantakan saat check out Foto: Shutter Stock
Pernah enggak, sih, kamu merasa tidak enak hati saat harus meninggalkan kamar hotel dalam keadaan berantakan ketika hendak check in?
ADVERTISEMENT
Biasanya, kondisi ini terjadi karena dua kemungkinan. Kemungkinan pertama bisa karena agenda pekerjaan yang padat dan melelahkan saat dinas luar kota. Sedangkan kemungkinan kedua, kamu sudah terlalu malas untuk bergerak, karena memang menyewa hotel untuk staycation.
Di balik rasa tidak enak itu, kamu mungkin saja merasa was-was. Apakah nantinya kamu harus menambah biaya saat check out? Ataukah harus memberikan biaya tip pada pegawai yang membersihkannya? Bagaimana sebenarnya etika yang tepat?
Ilustrasi kamar hotel berantakan karena ditinggal bekerja Foto: Shutter Stock
Dilansir Travel and Leisure, tamu yang menginap di hotel sebenarnya tidak punya keharusan untuk meninggalkan kamar dalam kondisi tertentu.
"Itu sepenuhnya terserah mereka (tamu)," kata Lizzie Post, co-president of The Emily Post Institute (EPI).
Lalu, apa yang harus kamu lakukan sebagai tamu yang baik saat menginap di hotel?
ADVERTISEMENT
Sebagai tamu yang baik, kamu cukup beraktivitas sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di hotel. Misalnya saja meletakkan handuk atau tumpukan pakaian kotor di tempat yang disediakan.
Kamar hotel yang berantakan Foto: Shutter Stock
Kemudian membuang sampah pada tempatnya, tidak merokok di ruangan yang tidak ditujukan untuk merokok, dan tidak melucuti seprai dari kasurnya. Sehingga pegawai hotel tidak merasa kesulitan ketika harus melakukan tugasnya, terlebih dalam waktu yang singkat ketika harus me-make up kamar.
"Saya mencoba memastikan furnitur berada pada tempatnya, dan membuat segala sesuatunya tampak seperti kondisi awal ketika saya datang," ungkap Lizzie lagi.
Lebih lanjut, Lizzie menyarankan untuk meninggalkan tip bagi karyawan hotel. Tak ada patokan atau standar khusus dalam memberikan tip, tapi kamu bisa menyesuaikannya dengan tingkat 'kekacauan' yang dibuat dalam kamar hotel saat ditinggalkan, serta menyesuaikannya dengan isi kantongmu sendiri.
ADVERTISEMENT
Gimana, sudah tenang?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81