Pencarian populer

Sudah Pernah Berwisata ke Jurong, Singapura?

com-Pagoda Chinese Garden. Foto: Shutterstock

Kawasan industri melekat dalam bayangan sebagai daerah kumuh dengan asap mengepul dan debu yang menyesakkan. Namun itu tak berlaku untuk Jurong, Singapura. Wilayah bagian barat yang menyokong manufaktur Negeri Singa ini merupakan perpaduan harmonis yang sayang dilewatkan antara alam, budaya, dan teknologi.

Singapura memiliki banyak hidden gems memesona, yang tidak akan kamu temukan sepenuhnya jika sekadar menyambangi Merlion Park atau Marina Bay saja. Mengeksplorasi Jurong dengan keeksotisan alam dan perkembangan ilmu pengetahuan yang belum banyak diketahui orang akan membuat langkah perjalananmu di Singapura menjadi lebih bermakna.

Chinese Garden dan Japanese Garden

com-Japanese Garden. Foto: Shutterstock

Percampuran budaya adalah salah satu hal yang membuat Singapura istimewa. Berbagai kultur hidup secara rukun dan berdampingan di sini. Di Jurong, terdapat jejak budaya Tiongkok dan Jepang di Chinese Garden dan Japanese Garden.

Menyusuri taman dan menyeberangi Double Beauty Bridge di Japanese Garden akan membawamu ke masa lalu di abad pertengahan Jepang. Untuk lebih merasakan atmosfir Negeri Sakura, terdapat Bonsai Garden yang menampilkan berbagai jenis tanaman Bonsai yang telah dirawat sehingga memiliki bentuk yang memesona.

Atau cobalah menaiki ketujuh lantai Pagoda di Chinese Garden untuk mendapatkan pemandangan danau yang sempurna beserta taman yang mengelilinginya. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika perayaan Imlek. Jangan lupa membawa kamera karena titik-titik berfoto di kedua tempat tersebut dijamin tidak akan membuatmu menyesal.

Untuk menuju ke tempat ini, cukup naik MRT East-West Line dan turun di Chinese Garden Station. Lalu jalan kaki sekitar lima menit dan kamu sudah dapat menikmati keotentikan Chinese Garden serta Japanese Garden di dekatnya.

Jurong Bird Park

com-Jurong Bird Park. Foto: Shutterstock

Kawasan asri taman burung terbesar se-Asia ini dapat membebaskanmu selepas melalui hiruk pikuk kota. Lebih dari 5000 burung dari 400 spesies yang ramah akan menyambutmu layaknya teman yang sedang bertamu.

Jurong Bird Park di wilayah Jurong West terbagi atas 19 exhibition areas termasuk aviaries (kandang burung besar) yang disesuaikan dengan habitat asli para burung. Kamu bisa menjajal ketinggian bersama burung lori, dikelilingi kegelapan dengan berbagai jenis burung hantu, menyaksikan air terjun artifisial tertinggi di dunia ditemani burung-burung Afrika, serta masih banyak lagi. Untuk menuju ke tempat ini, kamu bisa menggunakan MRT di jalur East-West Line dan berhenti di Boon Lay Station. Setelah itu, naik bus number 251 dan turun di halte Jurong Bird Park.

IMM Outlet Mall

com-IMM Outlet Mall. Foto: Shutterstock

Jika kamu memiliki hasrat belanja saat berada di kawasan Jurong, IMM Outlet Mall di Jurong East Street 21 adalah pilihan yang tepat. Di outlet mall terbesar di Singapura ini terdapat lebih dari 90 outlet stores dari brand ternama yang akan memuaskan dahaga belanjamu. Cara untuk menuju tempat ini sangat mudah. Kamu cukup menaiki East-West Line dan turun di Jurong East MRT Station, setelah itu dilanjutkan dengan menaiki bus number 333 lalu turun di IMM Building.

Loading Instagram...

IMM Outlet Mall akan membuktikan bahwa belanja puas di negeri singa tidak harus merogoh kocek dalam-dalam. Buktinya, di tempat perbelanjaan ini kamu bisa mendapatkan diskon miring untuk brand-brand ternama seperti Adidas, Calvin Klein, Onitsuka Tiger, dan banyak lagi. Beberapa outlet bahkan menawarkan diskon sepanjang tahun hingga 80 persen! Sebagai turis, kamu juga bisa mendapatkan potongan harga dengan menunjukkan paspor.

Bahkan, bukan hanya sekadar tempat berbelanja, kamu bisa mengajak anak atau adik kecil bermain sepuasnya di sini. Di lantai tiga, IMM Water Play Park yang memiliki berbagai wahana bermain air gratis bagi anak-anak, yang pastinya akan memberikan keseruan berbeda di Singapura.

Science Centre Singapore

com-Science Centre Singapore. Foto: Shutterstock

Saatnya bersenang-senang dengan sains melalui cara yang spesial. Science Centre Singapore memiliki lebih dari 1000 exhibits yang menampilkan keajaiban sains, sekaligus menjadi penanda bahwa Singapura memang memiliki kemajuan pesat dalam sains dan teknologi. Untuk menuju ke sini, turun di Jurong East Station dan naiki bus number 66 atau 335, dan berjalan sekitar delapan menit ke lokasi.

Kamu bisa saja tersesat dalam labirin kaca terbesar se-Asia, atau terpukau dengan pameran ilusi optik di sini. Untukmu yang mencari hiburan lebih, Science Centre Singapore juga merupakan rumah bagi Snow City dan Omni-Theatre.

Setiap Jumat malam, Science Centre Singapore Observatory mempersilakan kamu ikut memandangi langit malam yang menawan. Melihat keajaiban angkasa sembari berkontemplasi dapat menjadi akhir hari yang sempurna setelah seharian berpetualang di seantero Jurong.

Jurong adalah bukti bagaimana alam, budaya, sains, gaya hidup, bahkan industri dapat berpadu di dalam sebuah kawasan dengan total luas tidak lebih dari 28 km persegi. Setelah mengarungi Jurong, mungkin kamu tidak akan lagi melihat Singapura dengan cara yang sama.

Jangan hanya melihat-lihat, jadilah penjelajah.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Disponsori oleh
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32