Pencarian populer

Targetkan 36 Juta Wisman, Malaysia Gelar Malaysia Travel Roadshow 2018

Menara Petronas (Foto: Jose Manuel Perez/flickr.com)

Malaysia Tourism kembali melakukan Malaysia Travel Roadshow 2018. Kali ini, event ini diadakan di dua kota besar di Indonesia, yaitu Surabaya dan Jakarta.

Sebanyak 35 industri pariwisata Malaysia yang terdiri dari travel agent, hotel, dan theme park hadir dalam event ini. Mereka hadir untuk menyampaikan potensi pariwisata Malaysia kepada travel agent dan masyarakat Indonesia.

TYT Dato' Seri Zahrain Mohamed Hashim, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia menuturkan bahwa Indonesia merupakan pasar kedua terbesar yang menyumbangkan jumlah wisatawan terbanyak ke Malaysia.

"Pada tahun 2017, wisatawan Indonesia yang datang ke Malaysia mencapai 2.796.570 wisatawan, sedangkan jumlah wisatawan Malaysia yang datang ke Indonesia berjumlah 1.238.376 wisatawan," terang Dato' Seri, dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Rabu (18/4).

Pesona Taman Entopia di Penang, Malaysia. (Foto: Andari Novianti/kumparan)

Hal inilah yang membuat Malaysia Tourism akhirnya menargetkan jumlah wisatawan Indonesia meningkat sebanyak 3,6 juta orang di tahun depan. Selain itu, Malaysia pada tahun 2020 juga akan mengadakan visit Malaysia yang ditargetkan bisa menghadirkan 36 juta wisatawan dengan pendapatan sebesar 168 miliar ringgit Malaysia.

Nantinya, Tourism Malaysia akan fokus menargetkan wisatawan dari Balikpapan, Samarinda, hingga Pontianak untuk berkunjung ke sana. Mereka sengaja memilih kota-kota di luar Pulau Jawa, karena potensi untuk menggandeng travel agent lebih besar daripada di wilayah Jawa dan Jakarta.

"Saat ini kan wisatawan asal Jakarta khususnya sudah lebih mandiri dengan berkunjung ke Malaysia sendiri tanpa travel agent. Hal inilah yang akhirnya membuat kita fokus pada daerah-daerah di Kalimantan, karena kebetulan juga dekat dengan Malaysia," ujar Roslan Othman, Director Malaysia Tourism Promotion Board, dalam kesempatan yang sama.

Pesona Taman Entopia di Penang, Malaysia. (Foto: Andari Novianti/kumparan)

Untuk menyukseskan program ini, Malaysia juga menghadirkan beberapa produk baru yang bisa menjadi pilihan wisatawan. Salah satunya adalah menghadirkan waterpark terbesar di dunia yang berada di Desaru Coast.

Selain itu, Malaysia juga bekerjasama dengan beberapa maskapai Indonesia untuk membuka rute penerbangan baru, sehingga semakin memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke Malaysia.

"Yang terbaru kita bekerjasama dengan Citilink yang membuka rute baru Jakarta-Penang. Ada juga rute Jakarta-Kinabalu dan beberapa rute lainnya yang kita buka agar semakin memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Malaysia," pungkas Roslan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33