Pencarian populer
5 Desember 2018 16:46 WIB
0
0
Tradisi Pernikahan India yang Dijalani Nick Jonas dan Priyanka Chopra
Nick Jonas dan Priyanka Chopra di Upacara Mehendi. (Foto: Instagram/@priyankachopra)
Kabar bahagia datang dari pasangan selebriti Hollywood serta penyanyi ternama, Priyanka Chopra dan Nick Jonas. Pasangan yang terpaut usia 10 tahun itu baru saja melangsungkan pernikahan di India.
Memadukan pernikahan ala Barat dan budaya India, Priyanka dan Nick menjalankan beragam tradisi pernikahan India selama lima hari berturut-turut. Untuk itu, kali ini kumparanTRAVEL akan membahas tiga tradisi pernikahan India yang dilakukan oleh Nick dan Priyanka.
Apa saja? Simak ulasannya berikut, ya.
1. Sangeet
Priyanka Chopra kenakan gaun desain Abu Jani Sandeep Khosla di upacara Sangeet. (Foto: Instagram @abujanisandeepkhosla)
'Sangeet' berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti bernyanyi bersama. Dikenal juga sebagai 'Gaun', yang dalam bahasa India diartikan sebagai lagu-lagu atau bernyanyi.
Bersama dengan keluarga dan sanak saudara, pasangan Nick Jonas - Priyanka Chopra juga melakukan tradisi Sangeet di kampung halaman Priyanka, India. Sophie Turner, pemeran Sansa Stark dalam series ternama Game of Thrones yang juga tunangan dari Joe Jonas, pun turut hadir memeriahkan tradisi ini.
Tradisi Sangeet umumnya dilaksanakan sebelum Mehendi, sekitar dua atau tiga hari menjelang pernikahan. Dalam perayaan Sangeet, pengantin beserta keluarga, kerabat, dan teman-temannya akan menggelar acara bernyanyi dan menari bersama.
Lagu-lagu yang dinyanyikan dalam Sangeet bercerita tentang kehidupan sang wanita hingga ia mendapatkan pengantin prianya. Menggoda sang wanita dengan lagu-lagu pernikahan, mimpi, dan harapannya pada keluarganya di masa mendatang.
Dilakukan di kediaman sang wanita, tradisi Sangeet juga menjadi cara keluarga pengantin wanita menyambut kehadiran keluarga pengantin pria. Saat melakukan penyambutan, keluarga wanita biasanya akan menyambut dengan menyanyikan lagu tradisional yang dikenal sebagai Suhaag.
2. Mehendi / Mehndi
Mehendi atau Mehndi di tradisi pernikahan India (Foto: Pixabay)
Upacara Mehendi merupakan salah satu rangkaian tradisi yang dilakukan pengantin India dalam pernikahannya. Mehendi atau Mehndi biasanya dilakukan sekitar satu atau dua hari menjelang pernikahan.
Priyanka Chopra di Upacara Mehendi. (Foto: Instagram/@priyankachopra)
Dilansir People, baik Priyanka maupun Nick Jonas menuturkan bahwa mereka sangat menantikan tradisi ini dalam postingan Instagramnya. "Bagian penting dalam pernikahan India bagi para wanita adalah tradisi Mehendi," ujar Priyanka.
Dalam upacara Mehendi, seluruh wanita baik dari keluarga pengantin wanita maupun pria bersama teman-teman terdekat akan berkumpul. Mereka akan menemani pengantin wanita yang ditato oleh seniman tertentu menggunakan henna.
Nick Jonas dan Priyanka Chopra di Upacara Mehendi. (Foto: Instagram/@priyankachopra)
Pengantin wanita biasanya akan mendapatkan desain henna yang rumit. Sedangkan pengantin pria dan para wanita lainnya akan mendapatkan tato henna sederhana di tangan mereka.
Mehndi adalah salah satu bentuk seni tubuh tertua yang dilakukan manusia. Dalam tradisi Hindu, Mehendi dianggap sebagai salah satu bagian dari 16 perhiasan adat atau Solah Shringaar.
3. Bidaai
Priyanka Chopra dan Nick Jonas menikah. (Foto: instagram/priyankachopra)
Setelah mengucap janji setia sehidup semati secara agama, maka Priyanka Chopra dan Nick Jonas pun tiba dalam Bidaai. Sebuah tradisi pascapernikahan yang dilakukan untuk melepas mempelai wanita pada keluarga mempelai pria.
Ilustrasi pengantin wanita India (Foto: Pixabay)
Bidaai atau yang dikenal juga sebagai Vidaai adalah momen ketika pengantin wanita mengucapkan salam perpisahan pada keluarganya. Umumnya sebelum diberikan pada pengantin pria, sang wanita akan berterima kasih dan meminta maaf pada keluarganya.
Tradisi ini kemudian diakhiri dengan pelemparan tiga genggam beras dan koin dari atas kepalanya ke arah rumah sebelum keluar dari rumah. Sebagai pertanda bahwa ia membayar jasa orang tuanya sebelum menikah dan janji bahwa ia akan memakmurkan keluarga barunya.
Ilustrasi pengantin India (Foto: Pixabay)
Di akhir Bidaai, pengantin wanita akan diantar oleh ayah dan saudara laki-lakinya menuju kendaraan pengantin pria. Mereka juga membantu pengantin pria untuk pergi dan memulai kehidupan yang baru.
Indah sekali, ya, pernikahan Nick Jonas dan Priyanka Chopra? Bagaimana dengan tradisi pernikahan di budayamu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: