kumparan
2 Mar 2019 9:08 WIB

Unik, Desa Ini Punya Nama Wakanda Seperti dalam Film Black Panther

Aerial view Wakanda dalam film Black Panther Foto: Imdb
Film superhero Marvel, Black Panther, memang sempat mengguncang dunia dengan kisahnya. Tak sampai di sana saja, film yang dibintangi Chadwick Boseman itu bahkan baru-baru ini meraih Piala Oscar dari ajang penghargaan The Academy Awards 2019 untuk kategori Best Costume Design, Best Original Music Score, dan Best Production Design.
ADVERTISEMENT
Saking populernya, banyak fans Black Panther yang berusaha mencari segala sesuatu yang 'mirip' dengan film fiksi ini. Mulai dari menggunakan baju koko yang mirip dengan yang dikenakan T'Challa atau lebih dikenal sebagai Black Panther hingga mencari daerah yang dianggap mirip dengan Wakanda.
Salah satu adegan dari film Black Panther Foto: Imdb
Padahal sebenarnya Wakanda merupakan desa fiksi yang dikarang oleh sang kreator dengan memadukan beragam lanskap indah dari beberapa negara. Hingga pada akhirnya, 'keisengan' ini berbuah hasil. Pasalnya, ada sebuah desa di Amerika yang nama dan pengucapannya mirip dengan Wakanda.
Adalah Wauconda, sebuah desa kecil di kawasan Lake County, Illinois yang dulunya lebih dikenal sebagai kawasan cagar alam. Dilansir Chicago Sun-Times, kota ini dulunya dinamai Wauconda oleh seorang kepala suku asli Amerika pada masa lampau sebelum ia meninggal dunia.
Wauconda Federated Church di Illinois, Amerika Foto: Flickr/toothius
Meski memiliki ejaan yang berbeda, Wauconda secara pengucapan memang memiliki kemiripan dengan Wakanda, kampung halaman bagi Black Panther. Dalam situs websitenya, pemerintah setempat mengatakan bahwa Wauconda memiliki arti 'Air Roh'.
ADVERTISEMENT
Jangan harapkan pemandangan yang kering dan berhawa panas laksana gurun Afrika seperti yang kamu lihat dalam Black Panther. Wauconda di Amerika Serikat memiliki suasana yang hijau dengan pepohonan rindang di setiap sisi jalan, rerumputan, dan danau yang indah.
Lakewoof Forest di Desa Wauconda, Amerika Foto: Shutter Stock
Destinasi yang bisa kamu nikmati saat berada di Wauconda juga lebih banyak berisi hutan dan danau. Sepanjang mata memandang, yang akan kamu temukan adalah rumah-rumah bergaya Amerika klasik, sangat jauh berbeda dengan Wakanda dalam film Black Panther.
Kemiripan nama dengan Wakanda yang dirasakan Wauconda mungkin saja bisa jadi peluang baik, sayangnya yang terjadi justru berbeda. Saat pertama kali Black Panther ditayangkan, desa kecil ini justru jadi sering mendapatkan telepon iseng dari fans.
ADVERTISEMENT
Mulai dari menanyakan vibranium, logam terkuat di dunia yang jadi sumber daya penting Wakanda, hingga mengucapkan jargon 'Wakanda Forever' tiap kali terhubung.
Desa Wauconda saat melakukan perayaan memperingati American Civil War pada tahun 2014 Foto: Flickr/toothius
Dilansir Hollywood Reporter, Kepala Sekolah Menengah Wauconda Dan Klett bahkan pernah disarankan untuk mengganti maskot sekolahnya dari bulldog menjadi macan kumbang hitam seperti dalam film Black Panther oleh turis yang datang dari luar kota.
Bukan hanya Dan saja, Alise Homola yang bekerja sebagai asisten eksekutif di balai kota Wauconda juga pernah ditelepon orang asing yang meminta vibranium. Ia yang tidak tahu menahu, justru jadi bingung dan mengira akan ada bulan purnama di desanya.
"Seseorang menelepon dan bertanya bagaimana kami mengucapkan nama desa dan ketika saya memberitahunya, dia mulai berteriak, 'Wakanda
ADVERTISEMENT
Forever!" katanya pada Hollywood Reporter.
Menanggapi keisengan para penggemar, Desa Wauconda pun membuat sebuah postingan kolase foto lucu yang diberi caption, "Dampak Vibranium di Wauconda," dalam akun laman Facebook resminya. Kolase foto itu berisi foto-foto penduduk Desa Wauconda yang menggunakan topeng Black Panther sambil bekerja.
Mulai dari mencukur rambut, menjaga kafe, berjaga di depan kantor polisi, bahkan membeli anggur. Meski begitu, nampaknya hingga saat ini, tidak ada seorang pun di desa tersebut yang berencana memanfaatkan kemiripan nama Wauconda dengan film Black Panther tersebut.
Wakanda adalah salah satu kawasan fiksi milik Marvel yang pertama kali muncul dalam komik Fantastic Four, tepatnya pada musim panas tahun 1966. Dalam komik Marvel, Wakanda digambarkan berada di utara Danau Turkana, pada titik fiksi yang berbatasan dengan Kenya, Eethiopia, Uganda dan Sudah Selatan.
ADVERTISEMENT
Gimana, berminat untuk mengunjungi 'kampung halaman' Black Panther di Amerika ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan