Pencarian populer

Uniknya 5 Masjid di Indonesia yang Jadi Tempat Favorit Wisatawan

Masjid Istiqlal (Foto: Kevin Kurnianto/kumparan )
Indonesia memiliki jumlah penduduk terpadat nomor empat di dunia dengan mayoritas beragama Islam. Tak heran rasanya jika kita bisa dengan mudah menemukan tempat ibadah umat Islam di negeri ini.
ADVERTISEMENT
Bahkan, beberapa tempat ibadah memiliki keunikan tersendiri yang berhasil memikat warga sekitar dan beberapa pejabat negara lain. Tak jarang juga, banyak yang menjadikan masjid sebagai tempat wisata religi yang cocok untuk didatangi bersama keluarga, teman, serta orang terkasih.
Untuk itulah, berikut kumparan (kumparan.com) merangkum lima masjid unik yang ada di Indonesia dan bisa kamu kunjungi. Apa saja?
1. Masjid Istiqlal Jakarta
Loading Instagram...
Masjid ini dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu, dinamakan Istiqlal yang dalam bahasa Arab berarti kemerdekaan.
Menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, masjid ini dibangun oleh seorang arsitek nonmuslim dan bertepatan dengan Maulid Nabi, yang jatuh pada 24 Agustus 1961. Masjid Istiqlal hanya memiliki satu menara, tujuh pintu bernama Asmaul Husna, serta beduk raksasa.
ADVERTISEMENT
Masjid Istiqlal bahkan banyak dikagumi oleh pejabat negara, sebut saja Bill Clinton, Barrack Obama, dan Raja Salman. Letaknya yang berhadapan dengan Gereja Katedral menunjukkan tentang filosofi dan cara hidup masyarakat yang toleransi antar umat beragama.
2. Masjid Dian Al-Mahri
Loading Instagram...
Masjid Dian Al-Mahri biasa disebut juga dengan Masjid Kubah Emas. Pada 2006 silam, masjid ini sempat mendapat sorotan dari masyarakat Indonesia karena bagian kubahnya benar-benar dilapisi emas murni 24 karat. Tak hanya di bagian kubah saja, pada ujung tiang penyangga atap dan lampu kristalnya pun berlapis emas.
Dengan luas sekitar 80 hektar, Masjid Kubah Emas memiliki pintu-pintu tebal dan berukir indah, dengan tinggi 8 meter. Selain itu, dihiasi juga dengan kaligrafi Islam yang terbentuk dari lempeng dan mozaik marmer asal Italia.
ADVERTISEMENT
3. Masjid Muhammad Cheng Ho
Loading Instagram...
Masjid ini menjadi satu dari tiga masjid besar di Indonesia, yang mengabadikan Laksamana Cheng Ho sebagai tempat ibadah. Tentunya masjid inipun mendapat pengaruh Cina-Muslim di Indonesia, dengan gaya perpaduan antara budaya Arab, Jawa dan Cina.
Masjid Muhammad Ceng Ho memiliki dua lantai dan ata bersusun menyerupai pagoda khas Tiongkok. Atap bersusun ini memiliki makna, bahwa sebaiknya manusia tak hanya memikirkan duniawi saja, tetapi juga harus mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.
Jika kamu berniat berkunjung, cukup pergi ke pertigaan jalan raya Pasuruan-Malang-Tretes. Kamu akan langsung menemukan masjid yang dibangun 2013 silam itu.
4. Masjid Terapung Amirul Mukminin
Loading Instagram...
Masjid Terapung Amirul Mukminin terletak di Teluk Makassar, tepatnya 1 km dari anjungan Pantai Losari. Didominasi warna putih dan abu-abu, membuat masjid ini semakin cantik.
ADVERTISEMENT
Tak seperti masjid-masjid kebanyakan, masji terapung ini dibuat menyerupai rumah panggung tradisional Makassar dan Bugis, serta dibangun di atas tumpukan beton yang didorong ke dasar laut. Memiliki tiga lantai, masjid ini mampu menampung hingga 400 jamaah.
5. Masjid Menara Kudus
Loading Instagram...
Masjid Menara Kudus atau yang biasa dikenal dengan Masjid Al-Aqsha, termasuk masjid tertua yang ada di Indonesia. Dibangun pada 1549 dan berlokasi di Jawa Tengah, tepatnya di Kota Kudus.
Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Menara Kudus juga menjadi simbol pengalaman ratusan tahun mengelola berbagai etnis dan agama masyarakat Kudus, sekligus menjadi tempat ziarah.
Masjid ini juga memiliki menara berbentuk candi yang membuatnya semakin unik. Ditambah dengan ornamen yang memiliki nuansa budaya Hindu, Buddha, Jawa, dan Tiongkok.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85