kumparan
3 Sep 2018 9:11 WIB

Waktu yang Tepat untuk Tiba di Bandara agar Tidak Ketinggalan Pesawat

Ilustrasi Bandara Angkasa Pura II (Foto: http://www.angkasapura2.co.id/)
Menyiapkan waktu untuk pergi ke bandara sering kali jadi dilema bagi para traveler. Ketakutan akibat kekurangan waktu saat berada di bandara kerap kali menghantui para traveler. Sehingga akhirnya kamu pun memilih prinsip, 'lebih baik menunggu lama, daripada ketinggalan pesawat'.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, prinsip ini justru sering kali membuat kamu terburu-buru berangkat dari rumah dan malah meninggalkan barang-barang penting. Dan ketika tiba di bandara, kamu malah menjadi terlalu lama menunggu.
Sedangkan jika datang terlalu 'mepet', kamu jadi terburu-buru saat melakukan rangkaian pemeriksaan di bandara, karena takut tertinggal pesawat. Ingin tahu waktu ideal untuk tiba di bandara sebelum keberangkatan?
Dilansir Smarter Travel, Transportation Security Administration (TSA) merekomendasikan saran yang didasari pada aktivitas bandara. Saran tersebut berdasarkan waktu yang digunakan untuk serangkaian aktivitas berupa check-in, pemeriksaan keamanan, waktu, dan tujuan penerbangan.
Untuk penerbangan dalam negeri, TSA menyarankan agar kamu tiba di bandara sekitar dua jam sebelum waktu penerbangan. Waktu luang ini dapat kamu gunakan untuk parkir, check-in, pemeriksaan keamanan, hingga menuju ruang boarding.
Ilustrasi self chek in Bandara. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Tetapi apabila sudah melakukan check-in online, kamu bisa datang sekitar satu setengah jam sebelum waktu keberangkatan tiba. Hal ini karena check-in online diasumsikan dapat memangkas waktu tunggu kamu sekitar setengah jam.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk penerbangan internasional, sebaiknya kamu tiba sekitar tiga jam lebih awal dari waktu keberangkatan, terutama untuk perjalanan menuju Amerika Serikat.
Biasanya kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk pemeriksaan keamanan dan bea cukai. Apalagi karena penerbangan menuju Amerika Serikat biasanya memiliki proses pra-penyaringan bea cukai, yang tentunya pasti akan menambah panjang antrean saat hendak berangkat.
Ditambah lagi, agen keamanan bandara (aviation security) yang sedang memeriksa tidak dapat diburu-buru. Sehingga kamu memang mesti menyiapkan waktu lebih panjang agar tidak tergesa-gesa.
Bagi kamu yang dijadwalkan berangkat pada peak hours, yaitu pukul 09.00-18.00 waktu setempat, akhir pekan, atau berangkat melalui bandara yang sibuk, sebaiknya datang lebih cepat. Untuk mengurangi risiko tertinggal pesawat, karena proses pemeriksaan atau check-in yang lama akibat panjangnya antrean di bandara.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan