Pencarian populer

4 Tradisi Royal yang Tak Dilakukan Meghan & Harry kepada Anak Mereka

Penampilan perdana Meghan Markle dan bayinya setelah melahirkan. Foto: Dominic Lipinski / POOL / AFP

Kelahiran anak pertama Meghan Markle dan Pangeran Harry pada Senin (6/5) lalu, membawa euforia tersendiri bagi penggemar anggota Kerajaan Inggris. Sang Duchess melahirkan bayi laki-laki yang sehat dengan berat 3,2 kilogram.

Potret kehangatan keluarga baru tersebut pun dibagikan oleh akun-akun resmi Kerajaan Inggris, menampilkan Meghan Markle dan Pangeran Harry yang sedang menggendong putra pertama mereka yang diberi nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Meski demikian, dalam proses kehamilan hingga kelahiran putra mereka, terdapat beberapa tradisi yang tak dilakukan oleh sang Duke and Duchess of Sussex ini. Keduanya memang diketahui ingin melangsungkan kehidupan bangsawan yang bisa tampak senormal mungkin.

Berikut empat tradisi Kerajaan Inggris yang tak dilakukan Meghan Markle dan Pangeran Harry seputar kehamilan dan kelahiran putra mereka. Apa saja?

Meghan Markle tak melahirkan di St Mary's Lindo Wing dengan rumor melahirkan di rumah

Penampilan perdana Meghan Markle dan bayinya setelah melahirkan. Foto: Dominic Lipinski / POOL / AFP

Tak ada peraturan tertulis bahwa anggota Kerajaan Inggris harus melahirkan di St Mary Hospital, London, ruangan Lindo Wing. Namun, hal ini telah jadi 'tradisi' baru yang biasa dilakukan oleh Royal. Mulai dari Putri Diana yang melahirkan Pangeran William dan Pangeran Harry; Sarah Ferguson yang melahirkan Putri Beatrice dan Eugenie; lalu Kate Middleton yang melahirkan tiga anaknya, George, Charlotte, dan Louis.

Kate Middleton usai melahirkan Foto: LEON NEAL / AFP

Memang, sedari awal proses kehamilan hingga kelahiran sang putra, baik Meghan maupun Harry menjaganya secara pribadi. Termasuk, soal tempat Meghan melahirkan. Kabarnya, Meghan melahirkan di Frogmore Cottage, rumah terbarunya. Ada pula rumor bahwa Meghan melahirkan di rumah sakit lain di Inggris. Hingga saat ini, pihak istana sendiri tidak mengkonfirmasi tempat sang Duchess melahirkan.

Tidak langsung berpose di hadapan media setelah melahirkan

Penampilan perdana Meghan Markle dan bayinya setelah melahirkan. Foto: Dominic Lipinski / POOL / AFP

Beberapa jam setelah anggota Kerajaan Inggris melahirkan, biasanya mereka akan langsung berjalan ke hadapan ratusan kamera sembari memperlihatkan bayi yang baru lahir. Hal tersebut telah dilakukan oleh Ratu Elizabeth II, Putri Diana, Sarah Ferguson, hingga Kate Middleton. Namun, tidak untuk Meghan Markle.

Meghan menunggu dua hari sampai akhirnya ia dan Pangeran Harry menampilkan sang putra ke hadapan media untuk dipublikasikan. Ini dilakukan karena sang Duke and Duchess of Sussex ingin menikmati momen kebahagiaan tersebut sebagai keluarga terlebih dahulu.

Pangeran Harry dan Meghan Markle memang sepakat untuk tidak langsung menunjukkan bayinya ke publik. Harry pun menyampaikan jika Meghan dan bayinya akan tampil ke publik dalam 2 hari setelah melahirkan.

"(Meghan dan bayinya) akan bertemu kalian mungkin dalam waktu dua hari seperti yang direncanakan keluarga agar bisa berbagi kebahagiaan dan semua orang bisa melihat bayi itu," jelas Pangeran Harry, beberapa jam setelah kelahiran sang putra.

Pangeran Harry menggendong putranya saat mempublikasikan ke hadapan media

Membandingkann tampilan Meghan Markle dan Kate Middleton usai melahirkan. Foto: Dominic Lipinski / POOL / AFP & AP Photo/Kirsty Wigglesworth

Saat anggota Kerajaan Inggris yang baru melahirkan berdiri di hadapan media dan fotografer untuk diperkenalkan kepada dunia, biasanya sang ibu yang menggendong bayi yang baru saja dilahirkan tersebut. Sebut saja, Ratu Elizabeth II, Putri Anne, Putri Diana, Sarah Ferguson, dan Kate Middleton, semuanya menggendong putra-putri mereka pasca melahirkan.

Kelahiran Pangeran Hary Foto: Nils Jorgensen, Shutterstock

Namun, berbeda dengan keluarga Sussex. Saat mereka berdiri di hadapan media, Pangeran Harry lah yang menggendong Archie dari awal sampai akhir. Penggemar pun menganggap pose tersebut memiliki makna terselubung. Menyiratkan bahwa Harry adalah figur suportif terhadap Meghan Markle dan keluarga barunya.

Archie Harrison Mountbatten-Windsor diperkenalkan tanpa gelar Kerajaan Inggris

Penampilan perdana Meghan Markle dan bayinya setelah melahirkan. Foto: Dominic Lipinski / POOL / AFP

Melalui akun instagram Sussex Royal, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan nama bayi mereka yang baru lahir dengan nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Uniknya, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan nama putra pertamanya tanpa gelar. Ya, hanya Archie Harrison Mountbatten-Windsor saja. Padahal, meski tidak bisa menyandang gelar His Royal Highness (HRH), bayi yang merupakan cicit kedelapan Ratu Elizabeth ini berhak menyandang gelar Earl of Dumbarton atau menjadi Lord Archie Mountbatten-Windsor.

Dilansir Time, menurut Marlene Koenig, seorang penulis yang juga pakar dan pemerhati Kerajaan Inggris, jika istana menegaskan bahwa Archie tidak akan dikenal sebagai Earl, itu berarti satu hal: orang tuanya, Duke and Duchess of Sussex menginginkannya seperti itu.

"Ini hanya sikap mereka bahwa mereka menginginkan kehidupan yang normal untuk anak-anak mereka," kata Koenig kepada Time.

Selama ini, Pangeran Harry memang dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan suka berbaur. Begitu juga dengan Meghan Markle yang diketahui sangat ingin menjaga privasi selama masa kehamilannya dan berusaha untuk memiliki kehidupan yang relatif normal. Hal tersebut dianggap sebagai sinyal bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle sangat ingin menjaga privasi keluarga kecil mereka.

Meski begitu, bukan berarti Archie tak bisa memiliki gelar sama sekali. Dilansir Hello Magazine, jika nantinya Meghan Markle dan Pangeran Harry menginginkan sang putra mengemban titel 'Pangeran', hal itu juga tetap bisa diwujudkan saat Pangeran Charles menjadi Raja Inggris.

Bagaimana menurut pendapat Anda?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55