kumparan
22 Jun 2019 15:04 WIB

5 Tanaman yang Dapat Usir Racun dalam Ruangan

Ilustrasi tanaman dalam ruangan Foto: Shutterstock
Polusi udara dari asap kendaraan bermotor, pabrik hingga pembakaran sisa-sisa sampah rumah tangga dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan warga di kota besar. Ditambah lagi dengan berbagai radiasi yang ditimbulkan oleh barang-barang elektronik yang kita gunakan sehari-hari. Tak heran polusi udara dan efek radiasi dari barang elektronik yang ada lama-kelamaan dapat menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh.
ADVERTISEMENT
Namun tidak usah khawatir, bagi Anda yang ingin tetap mendapat udara bersih dan bebas racun di dalam ruangan, bisa mendapatkanya dengan cara yang praktis, yaitu dengan menempatkan berbagai tanaman. Ada beberapa jenis tanaman yang mampu menetralkan udara sehingga terasa bersih dan segar. Apa saja? Berikut daftarnya
1. Kaktus
Kaktus. Foto: Pixabay
Tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Cactaceae ini dikenal sebagai pengusir bakteri alami dalam ruangan. Sehingga tak heran, selain bentuknya yang unik, kaktus juga sering dimanfaatkan untuk mengusir racun dalam ruangan. Menariknya lagi, kaktus juga dipercaya dapat mengatasi radiasi yang ditimbulkan oleh komputer atau laptop.
2. Lidah mertua
Tanaman lidah mertua Foto: Shutterstock
Tanaman berbentuk panjang yang satu ini tak hanya dapat memperindah sudut ruangan hunian Anda namun juga bermanfaat bagi kesehatan. Memiliki kandungan bahan aktif berupa Pregnane Glikosid, membuat lidah buaya mampu menyerap berbagai unsur polutan berbahaya. Termasuk menyerap radiasi berbahaya dari benda elektronik.
ADVERTISEMENT
3. Palem kuning
Tanaman palem kuning Foto: Shutterstock
Walau tergolong tanaman yang besar, namun palem jenis ini bisa ditanam di pot dan diletakkan dalam ruang. Tak hanya memproduksi oksigen, palem kuning juga dapat menyerap racun dalam udara dan radiasi yang buruk untuk kesehatan.
4. Spider plant
Tanaman Spider Plant Foto: Shutterstock
Tak hanya dapat mempercantik ruangan, tanaman berdaun panjang ini juga dapat menyerap beragam racun seperti benzene, formaldehyde, karbon monoksida, dan xylene yang ada di udara. Tertarik mencoba tanaman asal Afrika Selatan ini di hunian Anda? Coba letakkan di samping jendela, ya!
5. English Ivy
Tanaman English Ivy. Foto: Unsplash
Menurut studi, tanaman yang cantik satu ini mampu menghilangkan sekitar 78% partikel-partikel beracun sekaligus alergen yang beterbangan di udara. Tanaman ini juga bisa menyerap racun seperti formaldehyde, trichloroethylene, xylene, dan toluene dari udara. Cara merawat English Ivy pun mudah, cukup dengan menyiram satu kali dalam sehari dan tak lupa sesekali biarkan terkena paparan sinar matahari pagi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·