kumparan
19 Sep 2019 11:57 WIB

6 Tips agar Tubuh Tetap Fit saat Menjalani Aktivitas Kerja yang Padat

Ilustrasi perempuan bekerja di depan laptop. Foto: Shutterstock
Bagi sebagian besar perempuan urban yang sibuk berkarier, menjalani segudang aktivitas setiap hari tampaknya sudah jadi rutinitas. Tak jarang kita selalu berangkat pagi, pulang larut malam tanpa memperhatikan kesehatan tubuh.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, tak sedikit dari kita yang kemudian jatuh sakit karena terlalu memforsir tubuh untuk bekerja tanpa memperhatikan pola makan, waktu tidur, dan tidak berolahraga. Jika sudah begitu, pekerjaan tidak akan cepat selesai tapi justru terhambat karena kondisi tubuh yang tidak sehat.
Menurut laporan dari Elite Daily, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap fit saat sedang menjalani kesibukan yang padat. Kira-kira apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Siapkan bekal makanan sendiri
Ilustrasi Salad Instan Foto: Dok. Gatewaysupermarket
Saat akhir pekan atau mendapat jatah libur, jangan hanya memanfaatkan waktu untuk istirahat saja. Tetapi coba pergunakan waktu luang ini untuk mengorganisir dan menyiapkan menu makanan untuk dijadikan bekal ke kantor.
ADVERTISEMENT
Anda bisa memilih menu seperti nasi, sayuran hijau, lauk kaya protein, dan buah. Jika sedang diet, Anda mungkin bisa menyiapkan menu salad sayur. Tak hanya sebagai menu utama, gunakan juga sayuran sebagai camilan. Rebus wortel misalnya untuk snack di kantor atau buatlah smoothies. Anda juga bisa membuat camilan sehat lainnya, seperti kacang-kacangan yang kaya protein atau buah dengan kandungan vitamin C tinggi untuk menjaga stamina tubuh.
Dengan begitu, Anda bisa mengontrol asupan gizi dan vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga saat agenda sedang padat, kesehatan tubuh tetap terjaga lewat makanan.
Gerakkan tubuh selama di kantor
Melakukan peregangan di kantor. Foto: Shutterstock
Saat sedang fokus mengejar deadline, seringnya kita hanya terpaku duduk di hadapan komputer selama berjam-jam. Hal ini tentu membuat peredaran darah menjadi tidak lancar, otot jadi kaku, dan stres mudah datang.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, sesibuk apapun kita, usahakan untuk tetap aktif bergerak. Tidak perlu susah-susah, cukup berjalan kaki ke pantry saat mengambil gelas, atau sekadar beli makan siang sendiri ke lantai bawah juga bisa membantu meregangkan otot tubuh yang kaku akibat terlalu lama duduk. Hal yang perlu diperhatikan adalah, kita harus bisa memenuhi paling tidak 10 ribu langkah per hari agar tubuh tetap fit meski jadwal sedang padat.
Untuk memenuhinya, sesekali Anda juga bisa berjalan mengunjungi teman di divisi lain yang jaraknya cukup jauh untuk saling mengobrol dan bertukar pikiran. Karena pada dasarnya, bercerita kepada teman juga bisa meringankan stres dan kadang bisa memunculkan ide-ide baru.
Usahakan tidur dengan waktu yang cukup
Ilustrasi tidur. Foto: Shutterstock
Banyak ahli mengatakan bahwa tidur adalah cara paling ampuh untuk mengembalikan stamina. Untuk itu, usahakan agar kita bisa tidur kurang lebih delapan jam sehari supaya tenaga kembali pulih keesokan harinya.
ADVERTISEMENT
Jika kesibukan terlalu padat dan kita hanya memiliki waktu beberapa jam untuk tidur, maka manfaatkanlah waktu tersebut dengan maksimal. Matikan lampu agar organ tubuh tetap bisa bekerja dengan baik saat kita tidur dan jauhkan diri dari perangkat elektronik yang bisa mengganggu kualitas tidur. Apabila Anda termasuk orang yang sulit tidur dengan cepat, coba nyalakan aromaterapi agar tubuh bisa lebih rileks dan dapat tidur dengan lebih nyenyak.
Meditasi sebelum tidur
Ilustrasi meditasi Foto: Shutterstock
Meditasi bisa menjadi salah satu cara untuk meredakan stres dan memusatkan pikiran. Maka dari itu, luangkan waktu 10 menit sebelum tidur untuk melakukan meditasi. Gunakan waktu tersebut untuk memikirkan apa yang ingin Anda capai di esok hari, dan pikirkan bagaimana Anda akan mengatasi segala hambatan yang muncul.
ADVERTISEMENT
Ketahuilah bahwa meditasi tidak hanya bisa membantu menyehatkan pikiran tetapi juga memudahkan kita untuk bisa hidup lebih seimbang dan lebih sehat.
Mengkonsumsi air putih yang banyak
com-Banyak meminum air putih. Foto: Shutterstock
Penelitian menunjukkan bahwa air putih dapat meningkatkan energi, berat badan, dan membuang racun dalam tubuh. Jumlah harian air yang harus kita konsumsi sebenarnya tergantung pada tinggi dan berat badan kita, tetapi pada umumnya dalam sehari kita harus mengkonsumsi 2.5 liter air atau setara dengan delapan gelas air agar tubuh bisa terhidrasi dengan baik dan stamina tetap terjaga.
Oleh karena itu, siapkan tumbler yang praktis untuk bisa dibawa kemana saja agar kita bisa memenuhi kebutuhan air dalam tubuh setiap waktu.
Olahraga satu jam per hari
Ilustrasi Pilates. Foto: Shutter Stock
Bagi sebagian Anda yang memiliki aktivitas padat, sepertinya tidak mungkin untuk bisa meluangkan waktu untuk berolahraga. Jika Anda berpikiran seperti itu, berarti Anda salah besar. Pasalnya, olahraga adalah hal terpenting yang harus dilakukan untuk menjaga stamina tubuh. Karena jika tubuh tidak fit, Anda juga tidak akan bisa bertahan lama dalam menjalani kesibukan setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Sebaiknya, sesibuk apapun Anda, sisakan waktu setidaknya satu jam per hari untuk berolahraga. Waktunya bisa disesuaikan dengan jadwal Anda. Misalnya jika Anda adalah tipe orang yang suka bangun pagi, maka luangkan waktu satu jam di pagi hari untuk berolahraga. Jika tidak sempat, gunakan waktu setelah pulang kerja untuk sekadar lari di treadmill, yoga, pilates atau zumba di tempat gym.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan