kumparan
4 Jun 2019 10:06 WIB

7 Tips Perawatan Wajah Praktis Jelang Lebaran

Masker alpukat yang bagus untuk mencerahkan wajah. Foto: Thinkstockphotos
Selain membersihkan rumah untuk menyambut tamu dan menyiapkan beragam hidangan untuk disajikan saat Lebaran, ada satu hal lagi perlu dilakukan untuk menyambut hari Lebaran. Yakni merawat wajah agar tampil menawan dan siap bertemu keluarga di Hari Raya.
ADVERTISEMENT
Banyak orang menganggap, melakukan perawatan wajah membutuhkan waktu yang lama dan harus dilakukan di klinik kecantikan. Padahal, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dan lebih efisien.
Apa saja perawatan praktis yang bisa Anda lakukan menjelang Lebaran?
1. Eksfoliasi
Ilustrasi kulit kering. Foto: Shuttertock
Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang masih menempel pada wajah. Anda bisa menggunakan eksfoliator atau scrub wajah setelah mencuci muka. Ada baiknya, lakukan eksfoliasi di malam hari dan jangan lupa pulaskan pelembap setelahnya agar wajah terlihat lebih lembap dan kenyal di pagi hari.
2. Mini Facial
Menjaga kelembapan kulit selama berpuasa. Foto: Shutterstock
Tertarik untuk melakukan mini facial? Anda memerlukan cleansing milk, micellar water, scrub wajah, sabun cuci muka, masker wajah dan pelembap.
ADVERTISEMENT
Pertama-tama, bersihkan wajah dengan cleansing milk terlebih dahulu kemudian angkat kotorannya dengan micellar water. Setelah itu pulaskan scrub pada wajah dan pijat perlahan untuk melemaskan otot wajah. Bersihkan wajah dengan sabun cuci muka, gunakan masker oles atau sheet mask dan diamkan selama 15-20 menit. Terakhir, pulaskan pelembap agar wajah tidak dehidrasi.
3. Multimasking
Mengenakan masker wajah Goji Rubber Mask dari Sephora. Foto: Shutterstock
Multimasking adalah penggunaan dua jenis masker atau lebih tergantung masalah kulit yang Anda alami. Misalnya, masker untuk mengangkat minyak pada area dahi, hidung dan dagu, masker untuk mengecilkan pori-pori pada area pipi dan masker untuk mencerahkan wajah pada area bawah mata. Ada baiknya, gunakan masker ini malam hari sebelum tidur. Setelah menggunakan masker, bilas dengan air hangat dan basuh wajah sekali lagi dengan air dingin.
ADVERTISEMENT
4. Pijat wajah
Jade roller dan Rose quartz stone Foto: Dok. Clean Rituals
Beberapa waktu lalu, ada alat pemijat wajah bernama jade roller yang sempat booming di kalangan pecinta kecantikan. Anda bisa menggunakannya kembali untuk memijat wajah agar terlihat segar saat Lebaran. Gunakan di bagian rahang, mulai dari bagian dekat dagu hingga dekat telinga, di bawah mata, hingga di dahi. Anda juga bisa mengenakan jade roller setelah menggunakan krim malam atau pelembap agar menyerap kulit lebih cepat.
5. Kompres wajah
Ilustrasi wajah kulit sehat. Foto: Shutterstock
Punya masalah dengan kantung mata? Jangan khawatir. Anda bisa melakukan kompres wajah untuk mengatasinya. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah mengompres mata dengan kantung teh yang sudah didinginkan selama semalaman. Cara lainnya, Anda juga bisa memotong timun tipis-tipis dan taruh di atas mata Anda selama 15 menit.
ADVERTISEMENT
6. Maskeran
Rekomendasi Sheet mask. Foto: dok. Lancome, Innisfree, The Body Shop
Selaing multimasking, Anda bisa melakukan maskeran sebelum tidur. Baik itu sheet mask atau masker oles, pilihlah masker yang sesuai dengan masalah kulit Anda. Misalnya, masker dengan kandungan tea tree atau asam hyaluronat untuk mengatasi jerawat, masker dengan ekstrak licorice untuk mencerahkan wajah, atau masker yang mengandung madu agar wajah lebih lembap.
7. Membersihkan komedo
Ilustrasi adanya flek hitam di wajah Foto: Thinkstock
Komedo di wajah mungkin tidak terlalu terlihat, tetapi dapat mengganggu penampilan Anda saat Lebaran tiba karena komedo yang menumpuk di hidung membuat makeup tidak menempel di wajah. Sebelum tidur, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan pore pack atau plester pengangkat komedo atau memakai alat penyedot komedo portable untuk menghindari iritasi pada area hidung. Setelah itu, pulaskan pelembap pada area hidung untuk mencegah kulit memerah.
ADVERTISEMENT
Dari ketujuh perawatan wajah yang praktis dilakukan menjelang Lebaran ini, mana yang ingin Anda lakukan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·