Pencarian populer

Ask the Expert: Duluan Mana, Pelembap atau Sunscreen?

Ilustrasi menggunakan skincare. Foto: Shutter Stock
Pelembap dan sunscreen termasuk ke dalam skin care dasar yang harus selalu digunakan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kedua skin care tersebut bisa digunakan bersamaan di pagi hari setelah Anda membersihkan muka.
ADVERTISEMENT
Tetapi rupanya, masih banyak perempuan yang kebingungan tentang penggunaan pelembap dan sunscreen. Mereka masih belum memahami tentang urutan penggunaan yang tepat. Apakah Anda salah satunya?
Belum lama ini, kumparanWOMAN berbincang dengan salah satu skin expert Prisiella Yessy. Kepada kumparanWOMAN, Yessy menjelaskan tentang produk mana yang sebaiknya digunakan lebih dulu dan bagaimana cara menggunakannya yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Simak pembahasanya berikut ini:
Mana yang digunakan lebih dulu, pelembap atau sunscreen?
Jawabannya adalah pelembap dulu. Jadi habis pelembap baru sunscreen yang digunakan terakhir sebelum menggunakan makeup. Alasannya adalah sunscreen bagian terakhir dari perawatan skin care. Sunblock atau sunscreen yang saya gunakan adalah yang paling tinggi di dunia kosmetika, dengan SPF 50 dan PA++++.
Ilustrasi kulit kering. Foto: Shuttertock
Apakah boleh tidak menggunakan sunscreen bila sudah menggunakan pelembap?
ADVERTISEMENT
Boleh saja, terutama ketika kita tahu bahwa kita tidak akan melakukan kegiatan di luar ruangan atau kegiatan yang terlalu terekspos dengan sinar matahari. Akan tetapi, biasanya saya sudah menggunakan pelembap yang ada tambahan SPF-nya, misalnya SPF 15 di pelembap dan SPF 10 di foundation. Jadi masih ada sedikit SPF yang akan melindungi kita dari sinar matahari, sinar radiasi ataupun mungkin dari sinar lampu yang merusak kulit kita.
Bagaimana cara memilih pelembap yang baik sesuai jenis kulit?
Satu, kita harus tahu keinginan kita untuk kulit seperti apa. Baru dari situ kita cari pelembapnya. Kedua, ketika sudah ketemu dengan pelembap yang bisa memberikan hasil yang kita inginkan, baru kita lihat teksturnya karena itu sangat berpengaruh terhadap jenis kulit kita sendiri.
ADVERTISEMENT
Contohnya, kalau saya ingin kulitnya cerah, saya akan memilih pelembap yang mencerahkan. Dari situ, akan ada tekstur pelembapnya. Saya lihat dulu, kalau kulit saya kering, saya akan cari tekstur pelembap yang lebih pekat. Kalau kulitnya berminyak, berjerawat dan acne prone, saya akan cari pelembap untuk kulit berminyak agar tidak timbul jerawat lagi. Tetapi kebanyakan perempuan masih belum tahu jenis kulitnya seperti apa. Kadang kombinasi, kadang kering, kadang berminyak. Untuk jenis kulit seperti ini saya sarankan untuk mencari pelembap untuk kulit normal.
Bagaimana cara memilih sunscreen yang baik sesuai jenis kulit?
Ilustrasi menggunakan skincare. Foto: Shutter Stock
Sunscreen baik untuk semua jenis kulit, akan tetapi sekarang sunscreen sudah ada beberapa tekstur. Kalau yang suka tekstur gel, itu bagus untuk kulit berminyak. Ada juga yang teksturnya cair seperti lotion, itu bisa untuk kulit normal cenderung kering. Jadi yang bisa dipilih dari sunscreen adalah kekuatan SPF-nya, mulai dari SPF 45 sampai 50, dengan PA++++. Biasanya saya memilih sunscreen yang teksturnya lotion.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk yang kulitnya gelap, biasanya sunscreen suka menimbulkan white cast (warna keputihan yang muncul di kulit setelah dioleskan lotion atau krim). Saya menyarankan untuk memilih sunscreen transparan atau yang tidak ada warna apapun.
Bagaimana cara menggunakan sunscreen yang tepat?
Gampang sekali. Setelah menggunakan pelembap, aplikasikan tipis-tipis di seluruh wajah. Kebanyakan sunscreen bisa digunakan sebagai makeup primer dan saya biasanya pakai sunscreen hanya pagi hari, cukup oleskan dengan tangan saja sebelum menggunakan makeup.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85