kumparan
12 Jul 2019 16:05 WIB

Ask The Expert: Warna Rambut Apa yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang?

Ilustrasi tatanan rambut. Foto: dok. L'Oreal Professionnel
Tertarik mengubah warna rambut, tapi merasa kurang percaya diri karena memiliki kulit sawo matang? Jangan khawatir Ladies, Anda tetap bisa bereksperimen dengan beberapa warna rambut.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, pemilihan warna rambut tak bisa dilakukan sembarang. Sebab, jika warna yang dipilih tidak cocok dengan warna kulit, akan membuat rona wajah menjadi kusam.
Oleh karena itu, dalam Ask the Expert kali ini, kumparanWOMAN berbincang kepada Candra Suyatno, Technical Manager Matrix Indonesia, yang akan menjelaskan berbagai hal yang harus diperhatikan dalam mewarnai rambut, warna rambut apa saja yang cocok dan tidak cocok diaplikasikan oleh pemilik kulit sawo matang, hingga cara merawat rambut setelah proses pewarnaan dan bleaching. Mari simak sesi tanya jawab kami di bawah ini.
Sebelum menentukan warna rambut yang cocok dengan warna kulit sawo matang, apa langkah pertama yang harus dilakukan?
Orang berwarna kulilt sawo matang bisa dibilang warna kulit atau undertonenya adalah hangat atau warm. Oleh karena itu perlu untuk menghindari warna-warna rambut yang sangat terang dan pucat karena akan membuat wajah terlihat kusam.
ADVERTISEMENT
Namun saat ini warna-warna rambut terang (dingin) sedang menjadi tren, orang berkulit sawo matang tetap bisa mengaplikasikannya. Cara melakukannya, pertama pilih warna rambut paling gelap (warm) untuk bagian pangkal rambut sekitar 5-6 cm sehingga bias warna di wajah tetap hangat. Kemudian dibagian tengah rambut hingga ujung bisa mengaplikasikan warna terang (dingin). Jangan sampai mengaplikasikan warna terang dari pangkal hingga ujung rambut. Karena warna terang akan sangat kontradiktif dengan warna kulit wajah yang sawo matang.
Lantas pilihan warna rambut apa yang cocok untuk orang berkulit sawo matang?
Warna hangat yang bisa diaplikasikan seperti warna ash brown, warna paling gelap yang bernuansa cokelat keabu-abuan. Kemudian ada brown chestnut warna cokelat yang agak keemasan hingga mocha hair.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk pemilihan warna highlight, warna apa yang cocok dengan pemilik kulit sawo matang?
Untuk warna dasar mocha, Anda bisa memberikan highlight dengan warna red brown, cappucino, atau medium brown, hingga brunette. Untuk memberikan highlight warna terang Anda bisa mengaplikasikannya cukup dibagian ujung saja dan pilih warna terang dengan level yang paling gelap. Misalnya mengaplikasikan warna brown chestnut dengan kombinasi ke warna yang agak terang seperti red brown atau coklat yang agak kemerahan. Jadi ada gradasi warna yang terjadi di sana.
Warna apa yang harus dihindari untuk orang yang berkulit sawo matang?
Contoh warna yang harus dihindari seperti grey, metallic grey, dan ash violet. Hindari pula memakai warna terang dari level 7 ke atas dan pastikan tidak memakai warna terang dari pangkal hingga ujung rambut karena hanya akan membuat rona wajah menjadi pucat. Hal ini disebabkan warna rambut yang terang (dingin) terlalu dekat dengan area wajah, beda halnya dengan orang yang berkulit putih (sejuk/cool) saat mengaplikasikan warna terang di pangkal rambut akan lebih menyatu dengan rona kulit wajah.
ADVERTISEMENT
Adakah do's and don'ts yang harus dilakukan dalam mewarnai rambut?
Dalam mewarnai rambut untuk pemiliki kulit sawo matang yang paling penting adalah hindari memakai warna terang di pangkal rambut. Gunakan warna gelap (misalnya warna hitam asli rambut Anda sendiri) di bagian pangkal kemudian warna medium yang hangat bernuansa brown hingga brunette kemudian beri sentuhan warna terang atau dingin dibagian ujung untuk rambut.
Bagaimana perawatan yang tepat untuk merawat warna dan kesehatan rambut?
Banyak orang yang ingin memiliki warna rambut bagus tapi kurang memperhatikan kesehatan rambut. Padahal memiliki rambut yang sudah melalui proses bleaching dan pewarnaan membutuhkan perawatan tersendiri. Jadi harus benar-benar memakai sampo dan kondisioner rambut yang diformulasikan untuk rambut berwarna. Hal ini untuk mengembalikan kesehatan rambut yang telah melalui proses bleaching dan menjaga rambut tetap berkilau.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·