kumparan
9 Jul 2019 12:54 WIB

Gaya Headband Tim AS yang Curi Perhatian saat Piala Dunia Wanita 2019

Timnas Sepak Bola Amerika Serikat Foto: dok.Philippe DESMAZES / AFP
Tim Nasional Putri Amerika Serikat baru saja keluar sebagai juara Piala Dunia Wanita 2019, setelah mengalahkan Belanda 2 - 0 di Stade de Lyon, Prancis, Minggu (7/7).
ADVERTISEMENT
Aksi Timnas Putri Amerika Serikat dengan kapten Megan Rapinoe dan striker Alex Morgan cs sukses mengukuhkan Amerika Serikat sebagai pemilik gelar terbanyak dalam sejarah Piala Dunia Wanita yang diselenggarakan sejak tahun 1991. Tercatat sejauh ini AS telah mengoleksi empat trofi piala dunia. Tiga trofi sebelumnya berhasil diraih pada 1991, 1999 dan 2015.
Di tengah aksi tak terkalahkan Timnas Putri Amerika Serikat saat bertanding, ada hal lain yang menarik perhatian penonton. Di setiap pertandingan di FIFA Women's World Cup 2019 ini beberapa anggota tim AS tampak selalu mengenakan ikat kepala atau headband warna warni.
Timnas Putri Amerika Serikat di Piala Dunia 2015. Foto: AFP/Franck Fife
Benda yang dikenakan Timnas Putri AS itu sebenarnya disebut dengan prewrap, bahan busa tipis yang biasanya digunakan atlet untuk lapisan dasar sebelum menempelkan medical tape guna meredam pergelangan kaki atau tangan yang cedera. Selain itu prewarp juga membantu untuk meringankan dampak dari jatuh saat berolahraga. Menariknya pemain Timnas Putri Amerika Serikat justru memakainya untuk ikat kepala guna menahan rambut saat sedang berlaga di lapangan hijau. Mulai dari gelandang Julie Ertz yang mengenakannya melingkar di pangkal rambut, hingga striker Alex Morgan yang juga kerap memakai prewarp berwarna pink.
Alex Morgan di laga semifinal vs Inggris. Foto: Reuters/Benoit Tissier
Prewarp ini bahkan menjadi ciri khas tampilan dari Alex Morgan, yang baru-baru ini meraih Silver Boot di Piala Dunia Perempuan 2019. Dalam setiap aksinya di lapangan, Morgan kerap memakai prewarp berwarna pink. Tak hanya di FIFA World Cup 2019 saja, rupanya Morgan juga memakai aksesori khasnya tersebut selama Olimpiade 2012 dan 2016 serta Piala Dunia Wanita 2011 dan 2015.
Alex Morgan (kiri) merayakan golnya saat Timnas AS menghadapi Inggris di semifinal Piala Dunia Wanita. Foto: Benoit Tessier/Reuters
Rupanya bukan tanpa alasan Morgan melakukan hal tersebut. Prewarp berwarna pink tersebut merupakan bentuk dukungan Morgan terhadap ibu mertuanya, Gloria Carrasco yang berjuang melawan kanker payudara.
ADVERTISEMENT
Diketahui Morgan menikah dengan gelandang tim sepak bola LA Galaxy Servando Carrasco pada Desember 2014. Morgan mulai memakai prewarp berwarna pink sejak ia mulai berkencan dengan Servando di tahun keduanya di University of California, Berkeley, Amerika Serikat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan