Pencarian populer

Kiat Merawat Kecantikan Kulit Berminyak

Ilustrasi perempuan memakai skin care. Foto: Shutterstock
Tidak mudah merawat kecantikan kulit berminyak, supaya memudahkan merawatnya simak artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT
Merawat kecantikan kulit berminyak bisa menjadi dilema bagi setiap perempuan. Produksi minyak yang berlebih membuat kulit terlihat kusam dan mengganggu penampilan. Banyak yang mungkin berusaha menggunakan makeup atau pelembap untuk membuat kulit tampak matte, namun rasanya sia-sia.
Jika itu terus terjadi, bisa jadi kita melakukan kesalahan dalam merawat kecantikan kulit berminyak. Ada kandungan dalam skincare kita yang sebenarnya tidak cocok dengan jenis kulit berminyak.
Untuk menjawab keresahan kita yang memiliki kulit berminyak dan cepat mengkilap, dermatologis asal Brisbane, Australia, dr. Davin Lim memberikan tips untuk merawat kulit berminyak. Seperti apa cara perawatannya?
1. Bersihkan wajah dua kali sehari dengan kandungan BHA
Meski kita tergoda untuk sering mencuci wajah karena terus berminyak, kita harus menahan keinginan itu. dr. Davin mengingatkan, kebiasaan seperti itu akan memperburuk masalah kulit.
ADVERTISEMENT
“Jika Anda membersihkan wajah sebanyak enam kali sehari, justru itu akan terus memproduksi minyak wajah lebih banyak. Jadi, sangat penting menggunakan pembersih lembut dan aktif,” ucapnya dikutip Beauty Crew.
dr. Davin merekomendasikan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat dan BHA tidak lebih dari dua persen agar tetap lembut di kulit berminyak. Selain kandungan itu, kita juga bisa memilih bahan tea tree sebagai perawatan kecantikan kulit berminyak.
2. Menggunakan pelembap yang ringan
Mengingat kulit kita mudah sekali memproduksi minyak, maka penting untuk menggunakan pelembap yang ringan atau berbahan dasar air supaya tidak memicu semakin banyaknya produksi minyak di kulit kita. Aplikasikan pelembap secara berulang sebanyak dua sampai tiga kali.
ADVERTISEMENT
“Pelembap pun penting untuk kulit berminyak, kalau kulit sudah lembap, produksi minyak pada wajah pun akan menurun,” ucapnya.
Ilustrasi wajah berminyak Foto: Shutterstock
3. Mengurangi pemakaian toner
Menggunakan toner dapat menghilangkan kulit berminyak namun juga bisa membuat kulit berubah jadi kering. Jadi penggunaan toner pada wajah berminyak sebaiknya tidak terlalu sering.
dr. Davin mengatakan, mengurangi toner dalam perawatan kulit kecantikan wajah berminyak itu penting bila terbiasa memakai sehari dua kali, jadikan cukup sehari sekali saja. Pilihlah toner yang tidak mengandung tinggi alkohol atau astringent.
4. Gunakan Vitamin A
Selain mengandung retinol, kulit berminyak juga membutuhkan vitamin A untuk mengurangi produksi minyak. Kedua kandungan tersebut nyatanya tidak berguna sebagai mengontrol minyak wajah saja, tetapi juga anti penuaan dan memperlambat produksi sebum.
ADVERTISEMENT
5. Melakukan diet
Menurut dr. Davin, diet mempengaruhi produksi sebum dan jerawat di wajah kita. Sebaiknya hindari susu dan makanan manis, ia mengatakan, sudah banyak penelitian yang yang membuktikan tentang ini.
Sebaiknya, perawatan kecantikan kulit tidak hanya dari luar saja tetapi juga dari dalam dengan konsumsi banyak sayuran dan buahan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86