kumparan
16 Mei 2019 11:09 WIB

Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Minta Naik Jabatan

Ilustrasi Perempuan Karier. Foto: Shutterstock
Sudah lama bekerja di perusahaan, tetapi Anda tak kunjung mendapatkan promosi alias kenaikan jabatan? Hal tersebut banyak dialami oleh para karyawan yang umumnya berada di posisi menengah atau mid-senior level.
ADVERTISEMENT
Ada banyak alasan yang membuat mereka belum naik jabatan. Misalnya tidak ada kesempatan untuk berkembang, durasi bekerja yang dianggap belum mencukupi, hingga kurangnya kemampuan yang dimiliki untuk naik ke jenjang karier berikutnya.
Meski demikian, jika Anda yakin akan kemampuan dan kualifikasi diri sendiri, tidak ada salahnya mencoba berbicara pada atasan mengenai keinginan Anda.Tetapi sebelum itu, ada baiknya perhatikan tiga hal berikut ini seperti dilansir dari Marie Claire:
1. Lakukan riset terlebih dahulu
Ilustrasi Perempuan Karier. Foto: Shutterstock
Sebelum mengajukan diri untuk meminta kenaikan jabatan, lakukanlah riset tersebut dahulu terhadap perusahaan dan kultur kerjanya. Anda bisa melakukan riset dengan mencari jawaban atas tiga pertanyaan ini:
Seperti apa para pemimpin di perusahaan dan kesamaan apa yang mereka miliki?
ADVERTISEMENT
Seperti apa budaya perusahaan dan bagaimana perilakunya terhadap karyawan yang berprestasi dan yang kurang berkembang?
Seberapa sering karyawan dipromosikan dan apa yang disukai perusahaan dari karyawan tersebut dalam hal keterampilan, sikap, dan bakat?
Jika sudah mendapatkan jawaban atas riset yang Anda lakukan, Anda mulai bisa berkonsultasi atau sekadar meminta saran kepada atasan.
2. Meminta saran kepada atasan
Minta saran pada atasan. Foto: Shutterstock
Setelah melakukan riset kecil-kecilan terhadap perusahaan dan budaya di dalamnya, Anda bisa mengecek kebenarannya dengan bertanya kepada atasan atau manajer Anda. Hal ini juga bisa Anda manfaatkan untuk meminta saran kepada mereka tentang apa yang harus diperbaiki dari diri Anda agar bisa naik jabatan.
Katakan pada atasan Anda jika Anda sangat bersemangat dan terbuka terhadap peluang baru sekaligus ingin tetap berkontribusi dalam pekerjaan yang dilakukan. Tekankan bahwa saat Anda ingin karier Anda lebih maju, Anda juga memiliki keinginan untuk bisa membantu tim satu divisi berkembang lebih maju dan bekerja lebih positif.
ADVERTISEMENT
Terkadang saat karyawan ingin meminta naik jabatan, mereka hanya berpikir ingin mengembangkan diri mereka sendiri. Semua orang memang menginginkan promosi jabatan dengan alasan gaji yang didapat juga meningkat, tetapi mereka lupa jika tanggung jawab yang diemban juga lebih banyak.
3. Ingat peraturan penting yang tidak tertulis
Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutterstock
Sebelum meminta kenaikan gaji, ketahui pula beberapa peraturan penting yang tidak tertulis di dalam perusahaan. Beberapa di antaranya adalah memiliki perilaku yang baik, tidak menyebarkan gosip di kantor, bekerja keras dengan penuh tanggung jawab, jangan ragu untuk mengutarakan opini dengan jelas dan sopan, dan siap untuk bekerja sesuai arahan dan tekanan.
Saat Anda siap naik jabatan, ingatlah bahwa Anda harus keluar dari zona nyaman untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar lagi. Anda juga berkesempatan untuk belajar keahlian baru dan bertemu dengan tantangan baru kapanpun dan dimanapun.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan