Pencarian populer

3 Kampus dengan Jurusan Kuliah Fashion Terakreditasi

Fashion Show Wardah The Unstoppable You di Jakarta Fashion Week 2019, Senayan City, Jakarta, Jumat (26/10/2018). (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Fashion enggak hanya soal pakaian, tapi juga menjadi salah satu bidang ilmu yang kian digemari oleh anak muda. Di Indonesia sendiri terdapat tiga kampus yang menawarkan jurusan kuliah Fashion dan telah terakreditasi.
ADVERTISEMENT
Ketiga kampus ini mendapat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Penilaian akreditasi program studi atau jurusan dari BAN PT ini sendiri meliputi tujuh faktor, di antaranya visi, misi, tujuan dan sasaran. Serta strategi pencapaiannya; tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia; kurikulum, pembelajaran. Dan yang terakhir suasana akademik yang meliputi, pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.
Berikut kumparan rangkum tiga kampus yang memiliki jurusan kuliah Fashion terakreditasi, versi BAN PT. Apakah kampusmu salah satunya?
1. Institut Seni Indonesia Denpasar
Kampus yang terdapat di Pulau Dewata ini memiliki jurusan kuliah Fashion Desain untuk program D4. Jurusan kuliah ini mendapat akreditasi A dari BANPT pada 2017. Jurusan ini berada di bawah naungan Fakultas Seni Rupa dan Desain. Di antara mata kuliah yang ditawarkan yakni, Pola Dasar Fashion, Teknik Menjahit, Tata Rias dan Rambut Fashion, sampai Bisnis Fashion dan Ekonomi Kreatif.
ADVERTISEMENT
2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Berbeda dengan ISI Denpasar, ISI Yogya memiliki jurusan kuliah yang bernama Batik dan Fashion. Jurusan untuk program D3 ini terakreditasi B dari BANPT pada 2016. Mata kuliah yang ditawarkan yaitu, Desain Fashion, Teknik Pewarnaan Batik, sampai Eksperimen Media Batik.
3. Sekolah Tinggi Desain La Salle
Kampus yang berada di Jakarta ini memiliki dua jurusan kuliah yang terakreditasi oleh BANPT. Jurusan pertama ialah Fashion Merchandising, sementara yang kedua yakni Fashion Desain. Keduanya terakreditasi B dari BANPT pada 2013 lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86