kumparan
8 Mar 2018 19:29 WIB

5 Rekomendasi Film Bertema Jurnalistik untuk Ditonton di Akhir Pekan

Ilustrasi bangku bioskop film. (Foto: Pixabay)
Euforia tentang film 'The Post' karya sutradara kawakan, Steven Spielberg, mungkin masih terasa cukup kuat di tanah air. Selain bercerita tentang kehidupan jurnalis, film tersebut juga mampu menggambarkan dinamisnya kehidupan di industri media.
ADVERTISEMENT
Namun, sebelum 'The Post', sudah ada beberapa film menarik yang menggambarkan keseruan kehidupan dunia jurnalistik. Apa saja mereka? Berikut ini, kumparan (kumparan.com) punya lima rekomendasi film bertemakan jurnalistik.
1. Almost Famous (2000)
Video
'Almost Famous' merupakan film bergenre drama-komedi yang diproduksi dan disutradarai oleh Cameron Crowe. Secara singkat, film berdurasi 2 jam 42 menit itu, bercerita tentang seorang remaja bernama William Miller, yang berkesempatan untuk menjadi penulis lepas dari majalah musik Rolling Stone, dan meliput tur dari band rock, Stillwater. Cocok untuk kamu yang ingin tahu rasanya jadi seorang jurnalis musik.
2. The Bang Bang Club (2010)
Video
Film yang dirilis pada tahun 2010 ini cocok untuk kamu yang tertarik dengan jurnalisme fotografi. Sebab, 'The Bang-Bang Club' bercerita tentang empat jurnalis foto yang bertugas di wilayah perang di Afrika Selatan, di tengah masa-masa politik apartheid.
ADVERTISEMENT
3. Nightcrawler (2014)
Video
Memiliki ambisi yang begitu besar dalam bekerja, membuat Louise Bloom (Jake Gyllenhaal) rela menghalalkan segala cara untuk mendapat berita yang 'diinginkan' publik. Termasuk dengan membuat kecelakaan dan kasus sendiri.
Meski begitu, film yang disutradarai oleh Dan Gilroy tersebut menarik untuk kamu tonton.
4. Spotlight (2015)
Video
Film ini bercerita tentang sebuah tim jurnalisme investigasi di harian The Boston Globe yang menamai diri mereka sebagai 'Spotlight'. Secara garis besar, film pemenang kategori 'Best Picture' pada Academy Award ini, mencoba mengungkap tentang kasus kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh sekelompok pastor di kota Boston, Amerika Serikat.
5. All the President's Men (1976)
Video
Berkisah tentang pengungkapan skandal Watergate, film karya sutradara Alan J. Pakula ini dibintangi oleh aktor Robert Redford dan Dustin Hoffman, yang diceritakan sebagai dua orang jurnalis dari The Washington Post. Film ini sempat mendapat berbagai nominasi prestisius, seperti dari Oscar, Golden Globe dan British Academy Film Awards.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·