Pencarian populer

Kedubes Spanyol Gelar Acara Musik dan Seni 'Festival Don Quijote'

Konferensi pers 'Festival Don Quijote' dok Lavira Andaridefia/kumparan
Kedutaan Besar Spanyol di Indonesia akan mengadakan acara seni dan musik bertajuk 'Festival Don Quijote'. Festival ini diangkat dari novel populer 'Don Quixote de La Mancha' karya Miguel de Cervantes.
ADVERTISEMENT
'Festival Don Quijote' sekaligus untuk merayakan peluncuran buku terjemahan Bahasa Indonesia pertama 'Don Quijote dari La Mancha'. Sebelumnya, 'Don Quijote' sudah diterjemahkan ke 150 lebih bahasa asing, tapi belum pernah ke bahasa Indonesia.
Menurut Javier Serrano, penanggung jawab Instituto Cervantes, 'Don Quijote' merupakan karya penting yang telah menginspirasi banyak lukisan, tari, dan karya seni lainnya. 'Don Quijote' dan Cervantes juga merupakan sosok yang sangat berpengaruh di kebudayaan Spanyol.
"Kami senang karena dengan diluncurkannya buku ini, masyarakat Indonesia jadi mempunyai akses terhadap masterpiece ini," ujarnya dalam konfrensi pers di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (10/7).
Loading Instagram...
Buku 'Don Quijote dari La Mancha' dok Lavira Andaridefia/kumparan
Ketua Yayasan Obor, Kartini Nurdin menjelaskan proses penerjemahan 'Don Quijote' memakan waktu satu tahun lamanya. Karena, menerjemahkan lebih dari seribu halaman butuh waktu dan biaya yang sangat besar.
ADVERTISEMENT
'Don Quijote dari La Mancha' versi Indonesia dieja menggunakan huruf 'j' bukan menggunakan huruf 'x' seperti yang lazim dikenal, 'Don Quixote'. Alasannya, karena versi bahasa Indonesia mengikuti ejaan aslinya dari bahasa Spanyol.
Yayasan Obor mencetak 'Don Quijote dari La Mancha' jilid satu dan dua dengan harga masing-masing Rp 160 ribu. Tersedia juga dalam bentuk e-book dengan harga yang lebih murah.
Selain peluncuran buku, 'Festival Don Quijote' juga dimeriahkan dengan kegiatan lain. Seperti pertunjukan wayang golek 'Den Kisot' oleh sutradara Endo Suanda, pentas musik berdasarkan puisi 'Don Quijote' oleh Goenawan Mohamad, seminar dari penulis Spanyol, Andrés Ibáñez, dan resital piano dari Ananda Sukarlan.
'Festival Don Quijote' akan digelar pada Sabtu (13/7) dan Minggu (14/7) di Salihara, Jakarta Selatan, dan terbuka untuk umum.
ADVERTISEMENT
Reporter: Lavira Andaridefia
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81