Pencarian populer

Riset: 5 Fakta Pacaran Remaja di Era Digital

Menjalin hubungan dengan rekan kantor. (Foto: Thinkstock)

Pacaran remaja di setiap generasi punya cara yang berbeda-beda. Para orang tua dulu mungkin masih suka menggunakan surat untuk menghilangkan rindu. Namun berbeda denganmu yang kini sudah mengenal handphone dan media sosial.

Pacaran kini bisa dilakukan di depan layar handphone secara online. Hal ini membuat caramu melalui romansa berbeda dengan generasi sebelumnya. Dilansir Pew Research Center, berikut lima fakta pacaran remaja di era digital.

1. Pendekatan lewat media sosial

Pengguna media sosial. (Foto: Getty Images)

Platform digital media sosial (medsos) menjadi sarana penting ketika remaja tertarik menjalin romansa kepada seseorang. Setengah (50 persen) remaja di Amerika Serikat yang disurvei mengaku menggunakan medsos sebagai jalan awal proses pendekatan.

2. Pacaran dengan teks

Hampir tiga per empat (72 persen) remaja yang pacaran menghabiskan waktu pacarannya dengan mengirim pesan teks kepada pacar tiap hari. Sedangkan mereka yang pacaran dengan interaksi secara langsung hanya berjumlah 21 persen.

3. Medsos mendekatkan hubungan

Dampak Gadget bagi Ibu. (Foto: Pixabay)

Terdapat 59 persen remaja yang pacaran mengatakan medsos bisa mendekatkan hubungan mereka. Namun sebagian di antaranya (27 persen) menganggap medsos bikin cemburu terhadap pacar sendiri. Apalagi ketika ada foto pacar kita yang diunggah bareng cewek atau cowok lain.

4. Putus melalui pesan teks

Mayoritas remaja memang masih banyak yang putus dengan mengatakan kepada pacar secara langsung. Namun beberapa di antaranya (27 persen) menjadikan pesan teks sebagai cara yang disukai ketika putus. Adapun satu per tiga (31 persen) sudah merasakan diputusin mengunakan pesan teks.

5. Putus hubungan digital setelah ‘putus’

Jangan biarkan pasangan mengatur hidup kamu (Foto: Thinkstock)

Ketika putus, kamu mungkin pernah langsung menghapus nomor mantan pacar beserta semua foto dengannya yang ada di medsos. Hal ini pula yang ada di temuan Pew Research Center. Sebanyak 48 persen menghapus nomor mantan, 38 persen menghapus foto di medsos, dan 37 persen memblok mantan dari pertemanan di medsos.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36