Otomotif
·
16 Juli 2021 18:59
·
waktu baca 2 menit

Puma Rally1, ‘Senjata’ Baru Ford dengan Mesin Hybrid

Konten ini diproduksi oleh AUTOBUZZ
Puma Rally1, ‘Senjata’ Baru Ford dengan Mesin Hybrid (628379)
searchPerbesar
Ford Puma Rally1 pengganti dari Ford Fiesta. Foto: dok. Ford
Dalam acara Goodwood Festival of Speed kemarin, banyak manufaktur dan perusahaan otomotif startup yang memamerkan mobil-mobil terbaru mereka. Tak ingin kalah, Ford juga memamerkan senjata reli baru yang mana akan menggantikan Fiesta pada ajang balap FIA World Rally Championship tahun depan.
ADVERTISEMENT
Memulai debutnya di acara Goodwood Festival of Speed, Puma Rally1 merupakan mobil reli yang sangat menarik. Dilengkapi oleh mesin 1.6-liter EcoBoost yang ditemani oleh turbocharger dengan 134 dk motor listrik dan baterai sebesar 3.9-kWh.
Powertrain dari mobil tersebut mampu menyimpan energi yang biasanya hilang ketika melakukan pengereman atau peluncuran, yang mana energi tersebut disimpan ke dalam baterai. Penyimpanan tersebut mampu memberikan dorongan sebesar 100-kW selama tiga detik.
Puma Rally1, ‘Senjata’ Baru Ford dengan Mesin Hybrid (628380)
searchPerbesar
Ford Puma Rally1 yang akan menggantikan Ford Fiesta. Foto: dok. Ford
Sementara itu, baterai membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk diisi ulang. Sistem hybrid dari mobil reli tersebut dilengkapi oleh pendingin cairan dan udara. Untuk mengelola berat yang besar, sistem tersebut dilapisi oleh penutup balistik.
Sudah jelas Puma Rally1 merupakan mobil Ford Puma yang dilengkapi dengan bodykit yang lebar dan ditambah dengan sayap yang besar pada bagian belakangnya, beserta roda multispoke.
Puma Rally1, ‘Senjata’ Baru Ford dengan Mesin Hybrid (628381)
searchPerbesar
Bagian depan Ford Puma Rally1. Foto: dok. Ford
“Mobil reli M-Sport Ford Puma Rally1 akan menempatkan kekuatan hybrid pada ujian yang sebenarnya dan membuktikan bahwa teknologi mampu memberikan performa yang mendebarkan,” ujar Mark Rushbrook, direktur global di Ford Performance.
ADVERTISEMENT
Ford Puma memiliki sejarah menarik dalam dunia reli, kucing besar tersebut pernah menjuarai Junior WRC di Monte Carlo Rally pada tahun 2002. Selain itu, Ford dan M-Sport sudah menjadi partner sejak tahun 1997 dan sudah memenangi tujuh kejuaraan FIA World Rally Championship yang mana ketiganya dimenangkan oleh M-Sport Ford Fiesta yang akan digantikan oleh Puma Rally1.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white