Cara Membuat Bakso Mercon dengan Rasa Pedas yang Nagih

Panduan supaya suami betah di rumah
Konten dari Pengguna
12 Januari 2022 12:23
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Resep Masakan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Membuat Bakso Mercon dengan Rasa Pedas yang Nagih (329675)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bakso Mercon. Foto: Freepik
Para penggemar makanan pedas pasti sering merasa santapannya kurang lengkap jika tidak ada sambal, bukan? Nah, menu makanan yang satu ini cocok untuk Anda yang kerap mencari sambal ketika menyantap hidangan, yaitu bakso mercon.
ADVERTISEMENT
Nama bakso mercon memang terdengar cukup mengerikan, tetapi makanan yang satu ini tidak boleh untuk dilewatkan oleh Anda. Tentunya, ketika menyantap bakso mercon ini, Anda akan mendapatkan rasa pedas yang nagih dan dapat membuat mata Anda melek seketika.

Cara Membuat Bakso Mercon

Semakin tak sabar untuk menikmati hidangan pedas yang satu ini? Yuk, langsung saja simak dan ikuti cara membuat bakso mercon di bawah ini yang dilansir dari akun YouTube Sara Verhoeven! Ikuti langkahnya dengan baik, ya!
Cara Membuat Bakso Mercon
Di bawah merupakan cara membuat bakso mercon yang pedasnya dapat bikin mata melek. #userstory
Bahan-bahan
  • 500 gram daging sapi cincang
  • 300 gram daging ayam cincang
  • 2 sdm bawang merah goreng + 1 sdm bawang putih goreng, blender
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdm lada bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdm kaldu sapi
  • 1 sdt garam
  • 160 gram tepung tapioka
  • Es batu secukupnya
  • Bahan Sambal Mercon:
  • 15 siung bawang merah
  • 12 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah besar
  • 20 buah cabai rawit
  • 150 gram daging sapi cincang
Langkah-langkah
  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan untuk membuat bakso mercon. Lalu, masukkan bawang merah dan bawang putih goreng yang telah diblender, lada bubuk, gula pasir, kaldu sapi, dan garam ke dalam wadah daging cincang.
  2. Setelah itu, campur dan uleni semua bahan tersebut. Pastikan semua bahannya tercampur dengan sempurna. Jika sudah tercampur dengan rata, masukkan tepung tapioka ke dalamnya secara sedikit demi sedikit sambil terus diuleni. Terus uleni adonan hingga tercampur dengan rata.
  3. Kemudian, masukkan kocokan telur ke dalam adonan bakso. Uleni kembali hingga rata. Lalu, masukkan 4 buah es batu ke dalamnya. Uleni lagi hingga es batu mencair dan tercampur dengan rata. Sisihkan sebentar.
  4. Lalu, buat isian merconnya. Siapkan wajan dan panaskan minyak. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan cabai rawit. Goreng sambil diaduk hingga layu. Angkat, tiriskan.
  5. Jika sudah, siapkan food processor atau blender. Masukkan semua bahan bumbu yang telah digoreng. Proses hingga benar-benar halus.
  6. Selanjutnya, campurkan bumbu halus ke dalam mangkuk isi daging sapi cincang. Aduk hingga tercampur dengan rata. Sisihkan sebentar dan siapkan panci dengan air secukupnya. Panaskan air tersebut sampai sedikit mendidih.
  7. Siapkan mangkuk kecil untuk mencetak bakso. Ambil adonan bakso secukupnya dan bentuk menjadi setengah bulat. Lalu, tambahkan satu sendok sambal mercon ke dalam bakso. Tutup bagian atasnya. Masukkan bakso ke dalam air yang sudah sedikit mendidih. Lakukan hingga adonan habis.
  8. Masak dan rebus bakso di dalam air tersebut hingga mendidih selama 30 menit atau hingga matang sesuai dengan ukuran bakso yang dibuat. Angkat, tiriskan. Bakso mercon telah siap untuk disajikan.
Nah, itulah cara membuat bakso mercon yang bisa Anda coba di rumah. Para pencinta pedas, apakah semakin tertarik untuk mencicipi olahan bakso yang satu ini? Pastikan untuk tidak terlalu sering menyantapnya, ya!
(TSY)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020