Food & Travel
·
13 Januari 2021 17:46

Cara Membuat Jamu Empon Empon untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Konten ini diproduksi oleh Resep Masakan
Cara Membuat Jamu Empon Empon untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh (34621)
Foto: Indoindians
Cara membuat jamu empon-empon belakangan ini semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya beberapa waktu lalu, resep minuman herbal tersebut dipercaya dapat menangkal atau mencegah penularan virus corona.
ADVERTISEMENT
Bagi kamu yang belum tahu, sebenarnya resep jamu empon-empon ini merupakan minuman herbal yang berasal dari Yogyakarta. Bahan-bahan dari resep jamu empon-empon ini sendiri terdiri dari rempah-rempah seperti temulawak, kencur, jahe, lengkuas, kunyit, kayu manis, sereh serta beberapa bahan rempah lainnya yang umumnya sudah dikeringkan.
Selain dapat diminum untuk menghangatkan dan menyegarkan tubuh, resep jamu empon-empon juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh karena mengandung banyak antioksidan di dalam ramuannya.
Tertarik untuk membuat jamu empon-empon ini untuk minuman herbal malam nanti? Yuk simak cara membuat ramuannya yang praktis di bawah ini!

Resep Jamu Empon Empon

Cara Membuat Jamu Empon Empon
Sebenarnya resep jamu empon-empon ini merupakan minuman herbal yang berasal dari Yogyakarta lho! #userstory
Bahan-bahan
  • 8 cm temulawak 
  • 3 ruas kunyit
  • 2 ruas jahe merah ukuran sedang
  • 5 batang serai
  • 2 batang kayu manis
  • 700 ml air 
  • Gula aren secukupnya
Langkah-langkah
  1. Siapkanlah panci untuk merebus air. Sambil menunggu air didih, bersihkan semua bahan-bahan jamu dengan mengupas kulitnya dan mencucinya di air yang mengalir.
  2. Iris-iris bahan seperti temulawak, kunyit, dan jahe. Lalu geprek bahan-bahan seperti serai dan kayu manis. Masukkan semua bahan yang sudah diiris dan digeprek tadi ke dalam air mendidih, lalu tambahkan juga gula aren.
  3. Aduk-aduk ramuan jamu tadi dan tunggu beberapa saat sampai volume airnya mulai menyusut setengahnya. Jika airnya sudah mendidih dan menyusut, matikan kompor lalu tuangkan air rebusan tadi ke dalam cangkir atau gelas sambil disaring.
  4. Jamu empon-empon sudah bisa dinikmati. Cara membuat resep jamu empon-empon di atas sangat mudah dan praktis bukan? Jika kamu menyukai jamu yang manis, kamu bisa menambahkan takaran gula aren sesuai selera. Selamat mencoba ya! (HAI)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white