Food & Travel
·
10 Juni 2021 10:09
·
waktu baca 1 menit

Cara Membuat Kulit Dimsum yang Tipis, Lentur dan Anti Sobek

Konten ini diproduksi oleh Resep Masakan
Cara Membuat Kulit Dimsum yang Tipis, Lentur dan Anti Sobek (173750)
Ilustrasi resep kulit dimsum, sumber gambar: https://www.freepik.com/
Bagi Anda yang ingin membuat dimsum secara mandiri di rumah, maka pastikan Anda mengetahui resep kulit dimsum yang lentur dan anti sobek. Hal ini perlu diperhatikan agar kulit dimsum yang Anda buat dapat lebih kuat dalam membungkus isi dimsum.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku 100 Resep Dim Sum Populer untuk Usaha Boga oleh Mary Winata (2013: 5), dimsum merupakan makanan asal China yang memiliki popularitas cukup tinggi di Indonesia. Dim sum tidak harus selalu disajikan menggunakan daging babi, melainkan juga digantikan dengan bahan daging lain seperti ayam ataupun sapi.
Banyak yang menganggap jika cara membuat kulit dimsum ini sulit dilakukan, apalagi bagi seorang pemula. Padahal, jika Anda mengetahui resep dan panduannya, maka meracik membuat kulit dimsum akan lebih mudah dilakukan.

Resep Kulit Dimsum Terbaik

Resep kulit dimsum tidak memerlukan banyak bahan, sehingga proses pembuatannya juga tidak akan memakan waktu lama. Perlu diketahui bahwa resep kulit ini tidak hanya bisa digunakan untuk sajian dimsum saja, melainkan makanan yang membutuhkan bahan kulit lain seperti siomay, martabak telur, keripik pangsit dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui bahwa membuat kulit dimsum perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak sobek meskipun dibuat secara tipis. Lalu, bagaimana cara membuat kulit dimsum yang lentur, tipis dan tidak mudah sobek? Ini dia pembahasan lengkapnya:
Resep Kulit Dimsum Anti Sobek
inilah resep kulit dimsum tipis yang tidak mudah sobek, cocok dicoba di rumah! #userstory
Bahan-bahan
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sdm tepung tapioka
  • ½ sdt of garam
  • 10 ml minyak goreng
  • 135 ml air hangat
Langkah-langkah
  1. Masukkan tepung tapioka, tepung terigu, dan garam ke dalam suatu wadah.
  2. Masukkan air hangat dan minyak goreng sedikit demi sedikit. Aduk dan uleni hingga kalis. Biarkan selama 5-10 menit supaya adonan menjadi rileks.
  3. Gilinglah adonan menggunakan alat penggiling atau rolling pin. Pertama, gilinglah pada nomor yang paling tebal, lalu giling lagi di nomor 2 hingga adonan habis. Sesuaikan saja dengan tingkat ketipisan yang diinginkan. Namun jika ragu, Anda bisa menggunakan nomor 2 saja untuk dimsum.
  4. Cetak menggunakan tutup gelas atau alat apa pun (Anda juga bisa menggunakan gelas belimbing). Taburkan tepung tapioka atau tepung terigu pada setiap lapisannya supaya tidak melekat satu sama lain. Resep kulit ini siap digunakan untuk dimsum.
(DLA)