Food & Travel
·
14 September 2021 9:13
·
waktu baca 2 menit

Cara Membuat Nasi Goreng ala Jepang

Konten ini diproduksi oleh Resep Masakan
Cara Membuat Nasi Goreng ala Jepang (532473)
searchPerbesar
Illustrasi Cara Membuat Nasi Goreng ala Jepang. Sumber: www.unsplash.com
Nasi goreng merupakan salah satu comfort food khas Asia. Hampir semua daerah memiliki variasi nasi gorengnya sendiri-sendiri. Hal ini karena nasi goreng biasanya dikombinasikan dengan bumbu dan topping yang ada di daerah tersebut.
ADVERTISEMENT
Selain Indonesia, negara yang memiliki variasi nasi goreng yang juga lezat dan sehat adalah Jepang. Di Jepang nasi goreng ini biasa disebut Chahan atau Yakimeshi. Bagi penggemar manga dan anime tentunya sudah tak asing lagi dengan sajian ini karena seringkali muncul di berbagai anime.
Menurut buku Cook Anime: Eat Like Your Favorite Character--from Bento to Yakisoba: Tiller Press, 2020: 55 nasi goreng khas Jepang ini sudah muncul di anime Weathering with You, One Piece, True Cooking Master Boy, Food Wars, Blue Exorcist, dan masih banyak lagi. Berikut resep nasi goreng khas jepang yang cocok dimakan kapan saja ini.

Cara Membuat Nasi Goreng ala Jepang

Bahan-Bahan Nasi Goreng ala Jepang:
ADVERTISEMENT
  • 1 piring nasi putih
  • 50 gr kacang polong
  • 50 gr wortel potong dadu
  • 60 gr daging ayam fillet, potong dadu.
  • 50 gr bawang bombay potong dadu
  • 1 telur
  • 1 sdt jahe parut
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdt bubuk kaldu ayam
  • Lada dan Garam secukupnya
  • Furikake/Topping Jepang (Opsional)
Cara Membuat Nasi Goreng ala Jepang
Ini dia cara membuat nasi goreng ala jepang yang juga dikenal dengan nama Chahan atau Yakimeshi! #userstory
1. Masukkan bahan-bahan nasi goreng
Panaskan minyak di atas wajan atau penggorengan lalu tumis jahe parut sampai wangi. Masukkan bawang bombay, kacang polong dan wortel lalu tumis sampai halus. Tumis ayam di dalam wajan yang sama hingga matang. Kocok lepas telur dan masukkan ke dalam tumisan kemudian aduk telur menjadi butiran kecil-kecil. Masukkan nasi, kemudian aduk sedikit.
2. Bumbui nasi goreng
Tuangkan kecap asin dan bubuk kaldu ayam serta lada dan garam secukupnya. Aduk hingga rata dan nasi tercampur sempurna dengan bumbu.
3. Sajikan nasi goreng
Sajikan dengan cara memasukkan nasi ke dalam mangkok kecil, kemudian tekan hingga nasi goreng menjadi padat. Pelan-pelan letakkan nasi goreng di atas piring dan lepaskan dari mangkok. Opsional: taburkan furikake di atas nasi goreng yang sudah disajikan untuk menambah rasa. Furikake juga dapat diganti dengan keripik kentang rasa rumput laut yang telah dihancurkan.
Cara membuat nasi goreng ala jepang ini sebenarnya sangat sederhana dan dapat dimodifikasi sesuai selera, misalnya mengganti daging ayam dengan ikan salmon atau daging sapi dan ham. Sesuaikan juga takaran bumbu dengan selera anda. Jika terasa kurang pedas, tambahkan juga cabai. Selamat mencoba! (AGI)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white