Cara Membuat Roti Kukus, Sajian untuk Camilan di Rumah

Panduan supaya suami betah di rumah
Konten dari Pengguna
13 Januari 2022 17:16
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Resep Masakan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Roti Kukus. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Roti Kukus. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Bosan dan ingin menyantap camilan tapi tidak ada satu pun stoknya di rumah? Kalau kamu sedang berada di posisi ini, coba saja untuk membuat roti kukus. Pastinya roti kukus ini bisa dibuat oleh siapa saja meski tidak memiliki oven.
ADVERTISEMENT
Untuk membuat roti kukus tidak jauh berbeda dengan roti biasanya. Hanya saja, kali ini kamu memasaknya dengan cara dikukus, bukan dipanggang melalui oven. Tak perlu khawatir dengan tekstur akhirnya karena roti kukus yang akan kamu buat ini tetap empuk dan lembut.

Cara Membuat Roti Kukus

Kamu tak perlu khawatir jika ini kali pertama kamu membuat roti kukus sendiri. Kamu bisa mengikuti cara membuat roti kukus berikut ini yang telah dilansir dari akun YouTube Mama Ella Fenty. Simak dengan baik bahan serta langkah-langkahnya, ya!
Cara Membuat Roti Kukus
Berikut merupakan cara membuat roti kukus yang empuk, lembut, dan mudah. #userstory
Bahan-bahan
  • 320 gram tepung terigu protein tinggi
  • 60 gram gula halus
  • 6 gram ragi instan
  • 50 gram margarin
  • 1 butir telur utuh
  • 1 kuning telur
  • 115 ml susu uht full cream
  • 1/2 sdt garam
  • Pasta pandan secukupnya
  • 1/2 sdt SP
Langkah-langkah
  1. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat roti kukus. Setelah itu, campurkan gula halus dan ragi instan ke dalam wadah susu. Aduk hingga tercampur dengan rata. Lalu, diamkan raginya hingga berbuih. Jangan lupa untuk menutup bagian atas wadah.
  2. Jika ragi sudah berbuih, tuangkan pasta pandan secukupnya. Lalu, aduk hingga tercampur dengan rata. Sisihkan sebentar.
  3. Siapkan wadah yang cukup besar. Masukkan tepung terigu protein tinggi, telur utuh, dan kuning telur. Masukkan juga SP ke dalam wadah tersebut. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  4. Kemudian, tuangkan campuran susu ke dalam wadah adonan secara bertahap sambil terus diaduk. Jika dirasa sudah sulit diaduk dengan sendok, aduk dan uleni adonan dengan menggunakan tangan. Pastikan tangan sudah bersih terlebih dahulu.
  5. Setelah itu, masukkan garam dan margarin cair ke dalam wadah adonan. Aduk dan uleni lagi hingga tercampur dengan rata selama 7-10 menit.
  6. Jika sudah, siapkan wadah yang cukup besar dan olesi seluruh sisinya dengan sedikit minyak. Pindahkan adonan roti ke dalam wadah yang sudah diolesi minyak. Tutup bagian atasnya dengan plastic wrap dan diamkan selama kurang lebih 60 menit.
  7. Setelah 60 menit, kempiskan adonan untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam. Kemudian, keluarkan adonan dari wadah. Ratakan adonan dan buat lebarnya sesuai dengan loyang yang akan dipakai.
  8. Lalu, gilas adonan dengan menggunakan rolling pin. Jika sudah, balikkan adonan dan gilas lagi. Pada bagian ujung salah satu sisinya, pipihkan. Setelah itu, gulung adonan dari ujung satu sisi yang lain. Rapikan bagian ujungnya.
  9. Selanjutnya, siapkan loyang dan tutupnya. Olesi keduanya dengan minyak goreng. Masukkan adonan roti ke dalam loyang, tutup bagian atas dengan plastic wrap, diamkan kembali hingga mengembang dua kali lipat atau kurang lebih 30 menit.
  10. Kemudian, lepaskan plastic wrap dan tutup adonan dengan menggunakan tutupan loyang.
  11. Kukus adonan roti dalam kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus adonan selama 30 menit dengan menggunakan api sedang. Angkat dan keluarkan loyang dari kukusan.
  12. Terakhir, buka tutupan loyang, keluarkan roti dari loyang dan biarkan hingga dingin. Potong roti kukus sesuai dengan selera. Sajikan roti kukus bersama topping yang diinginkan.
  13. Jika semua bahan sudah halus, pindahkan adonan pentol bakso ke dalam wadah. Tuangkan tepung tapioka ke dalam wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata. Sisihkan sebentar.
  14. Siapkan panci dan tuangkan air secukupnya. Tambahkan minyak goreng, garam, kaldu kuah bakso, dan tulang ayam ke dalamnya. Masak sebentar.
  15. Lalu, bentuk adonan pentol bakso menjadi bulat-bulat dengan menggunakan tangan dan dibantu dengan sendok. Jika sudah, langsung masukkan ke dalam air yang masih panas. Lakukan hingga semua adonan habis.
  16. Setelah semua adonan habis, masak pentol bakso hingga mengambang atau matang. Jika sudah terlihat mengambang, masak lagi selama 2 menit. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Pentol bakso siap untuk disajikan.
Nah, itulah cara membuat roti kukus yang mudah di rumah. Tunggu apa lagi? Yuk, buat dan nikmati roti kukus buatan sendiri di rumah!
(TSY)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020