Resep Cimol Bojot, Camilan Khas Garut yang Lezat

Panduan supaya suami betah di rumah
Konten dari Pengguna
14 Januari 2022 14:59
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Resep Masakan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Resep Cimol Bojot, Camilan Khas Garut yang Lezat (32566)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi CImol Bojot. Foto: Flickr
Bosan dan sedang ingin menyantap camilan untuk menemani waktu santai di rumah? Kalau gitu, coba saja buat cimol bojot di dapur Anda. Dijamin, hidangan yang satu ini bisa menjadi camilan favorit Anda.
ADVERTISEMENT
Cimol bojot merupakan camilan khas Garut yang beberapa waktu lalu sempat ramai dicari oleh para pencinta makanan olahan aci. Berbeda dari cimol biasanya, cimol bojot ini hanya memiliki tekstur kenyal ketika disantap.

Resep Cimol Bojot

Semakin tergiur untuk menjadikan cimol bojot sebagai camilan di rumah? Anda bisa mengikuti resep cimol bojot yang dilansir dari akun YouTube Wais Alqorni berikut ini. Pastikan untuk mengikuti instruksinya dengan baik dan benar, ya!
Resep Cimol Bojot
Berikut ini adalah resep cimol bojot yang bisa dijadikan sebagai camilan di rumah. #userstory
Bahan-bahan
  • 250 gram tepung tapioka
  • 25 gram tepung terigu
  • 200 ml air
  • 3 bungkus bawang putih bubuk
  • 3 bungkus kaldu ayam
  • 2 sdm cabai bubuk
  • 1 1/2 bumbu atom atau penyedap rasa
  • 4 lembar daun jeruk, iris tipis
  • Secukupnya garam
Langkah-langkah
  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan untuk membuat cimol bojot. Kemudian, siapkan wadah yang cukup besar. Masukkan tepung tapioka ke dalamnya dan tambahkan 1 sdm tepung terigu.
  2. Jika sudah, tambahkan satu bungkus kaldu ayam dan garam secukupnya. Lalu, aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata. Sisihkan sebentar, lalu siapkan panci dan tuangkan air ke dalamnya. Masak dan biarkan airnya mendidih.
  3. Setelah air mendidih, tuangkan air panas tersebut ke dalam wadah campuran tepung secara bertahap. Aduk-aduk campuran tepung tersebut dengan menggunakan spatula. Tuangkan kembali air panas jika masih tersisa dan aduk kembali sampai tercampur rata.
  4. Kemudian, jika adonan sudah mulai hangat, aduk dan uleni adonan dengan menggunakan tangan. Pastikan tangan sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Uleni adonan hingga kalis.
  5. Lalu, siapkan wadah datar yang cukup besar. Ambil sedikit adonan dan buat menjadi bulat-bulat sesuai dengan selera. Lakukan hingga semua adonan habis.
  6. Selanjutnya, taburi adonan cimol dengan tepung terigu. Aduk hingga tercampur dengan sempurna. Ini berguna agar masing-masing adonan cimol tidak saling menempel.
  7. Siapkan wajan dan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng. Tuangkan adonan cimol ke dalam wajan berisi minyak yang masih dingin. Rendam adonan cimol selama 2-3 menit. Pastikan semuanya terendam.
  8. Selagi menunggu adonan cimol direndam, buat bumbu taburnya. Siapkan wadah dan campurkan bumbu atom dengan kaldu ayam. Campur dan aduk rata. Sisihkan.
  9. Jika sudah, balik lagi ke adonan cimol yang sedang direndam. Nyalakan api besar. Masak adonan sambil terus diaduk-aduk agar tidak ada yang meledak. Terus masak hingga setengah matang. Angkat, tiriskan, lalu pindahkan ke wadah yang cukup besar.
  10. Taburi cimol dengan bawang putih bubuk, 1 1/2 sdm campuran bumbu atom dan kaldu bubuk, 2 sdm cabai bubuk. Aduk hingga tercampur rata. Koreksi rasanya. Jika dirasa sudah pas, sisihkan terlebih dahulu.
  11. Siapkan wajan dan panaskan minyak secukupnya. Masukkan dan goreng daun jeruk yang telah diiris halus. Goreng hingga daunnya layu.
  12. Setelah itu, matikan api dan tuangkan daun jeruk serta minyaknya ke dalam wadah cimol. Aduk sampai tercampur dengan rata. Cimol bojot siap untuk disajikan.
Nah, itulah resep cimol bojot yang bisa dijadikan sebagai camilan di rumah. Mudah sekali bukan untuk membuat cimol bojot? Yuk, langsung saja praktikkan resepnya dan nikmati cimol bojot di rumah!
(TSY)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020