Food & Travel
·
11 Juni 2021 10:19
·
waktu baca 1 menit

Resep Cireng Salju yang Lembut dan Garing

Konten ini diproduksi oleh Resep Masakan
Resep Cireng Salju yang Lembut dan Garing (32452)
ilustrasi resep cireng salju, sumber gambar: https://www.freepik.com/
Sebelum membahas mengenai resep cireng salju, mari cari tahu lebih dalam apa itu makanan cireng. Cireng merupakan salah satu jenis makanan ringan yang memiliki tekstur gurih dan kenyal. Makanan ini sangat populer di Jawa Barat dan umumnya disajikan bersama dengan cocolan sambal.
ADVERTISEMENT
Bahkan, beberapa tahun terakhir ini, cireng menjadi camilan yang diterima oleh masyarakat dari berbagai kota di Indonesia. Maka tidak heran jika banyak para pelaku bisnis yang melirik usaha cireng sebagai usaha yang menjanjikan.
Meskipun menjadi makanan yang digemari banyak orang, cireng sering dianggap sebagai camilan biasa yang tidak bergizi karena hanya berbahan utama tepung tapioka. Saat ini, makanan cireng telah dikembangkan menjadi beragam jenis seperti cireng daging, cireng ayam hingga cireng salju.
Jika berbicara mengenai cireng salju, camilan yang satu ini memiliki tampilan yang tidak berbeda jauh dengan cireng pada umumnya. Namun, ada yang istimewa dari cireng yang satu ini karena memiliki tekstur yang renyah jika digigit. Selain itu, cireng bagian dalamnya cenderung lembut, sehingga mampu menciptakan perpaduan rasa yang akan menggoyang lidah Anda.
ADVERTISEMENT

Resep Cireng Salju

Cara membuat cireng salju tidaklah sulit asalkan Anda menggunakan bahan-bahan yang sesuai dan meraciknya sesuai resep. Adapun resep cireng salju yang lembut dan gurih yaitu sebagai berikut:
Resep Cireng Salju
Inilah resep cireng salju yang lembut dan garing, sangat mudah dibuat! #userstory
Bahan-bahan
  • 200 gram tepung tapioka, bagi dua (150 gram dan 50 gram)
  • 1 batang daun bawang, rajang
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • ½ sdt ketumbar bubuk
  • ½ sdt sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 200 ml air
Langkah-langkah
  1. Buat adonan biangnya lebih dahulu. Campurkan 50 gram tepung tapioka dengan bumbu dan air. Masak adonan dengan api sedang sembari terus diaduk hingga mengental.
  2. Sesudah adonan biang mengental, masukkan 150 gram tepung tapioka. Lalu, aduk hingga tepung tercampur rata. Bentuklah adonan menjadi bulat pipih sesuai dengan selera.
  3. Panaskan minyak, masukkan cireng untuk digoreng. Pastikan permukaan cireng sampai garing, angkat lalu tiriskan.
(DLA)