Food & Travel
·
5 April 2021 18:07

Resep Kolak Kacang Hijau dan Pisang yang Penuh Manfaat

Konten ini diproduksi oleh Resep Masakan
Resep Kolak Kacang Hijau dan Pisang yang Penuh Manfaat (99172)
searchPerbesar
Kacang Hijau. Foto: dok Pexels
Kolak merupakan hidangan hangat yang memiliki rasa manis dengan campuran bahan seperti potongan pisang, ubi, hingga kacang hijau. Kolak ini biasa dijadikan sebagai menu pembuka saat berbuka puasa atau saat cuaca dingin karena kuahnya yang dapat menghangatkan tubuh.
ADVERTISEMENT
Cara membuatnya cukup mudah dan bahan utamanya dapat ditemukan dengan mudah sehingga resep kolak kacang hijau ini dapat dibuat kapan saja dan oleh siapa saja.

Resep Kolak Kacang Hijau dan Pisang yang menghangatkan Tubuh

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, kolak merupakan menu andalan yang cukup digemari untuk sajian buka puasa. Kolak kacang hijau ini salah satunya.
Kacang hijau yang memiliki kandungan protein dan mineral yang cukup tinggi membuatnya menjadi salah satu campuran andalan dalam sajian kolak. Kali ini, Anda dapat membuat kolak kacang hijau dan pisang yang disajikan dalam satu mangkuk yang hangat dengan resep kolak kacang hijau dan pisang satu ini.
Resep Kolak Kacang Hijau dan Pisang
Berikut ini resep kolak kacang hijau yang mengandung beragam gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. #userstory
Bahan-bahan
  • 200 gr kacang hijau
  • 2 liter air
  • 10 buah pisang kepok ukuran kecil
  • 100 gr gula merah
  • 100 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
Langkah-langkah
  1. Rebus kacang hijau di atas kompor selama lima menit lalu diamkan selama 30 menit dengan posisi tutup panci yang masih ditutup. Rebus kembali kacang hijau selama tujuh menit agar kacang hijau empuk dan matang sempurna.
  2. Untuk membuat kuah kolak, rebus air bersama gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan yang telah diikat simpul. Rebus dengan api sedang.
  3. Potong-potong pisang dengan ukuran kecil sebagai bahan tambahan kolak. Masukkan potongan pisang ke dalam rebusan kuah kolak. Rebus pisang hingga matang.
  4. Setelah itu, masukkan santan ke dalam rebusan lalu masukkan kacang hijau yang telah direbus sebelumnya. Masak hingga matang. Kolak kacang hijau dan pisang dapat disantap selagi hangat.
Itu dia resep kolak kacang hijau dan pisang yang dapat Anda sajikan sebagai menu pilihan untuk berbuka puasa. Agar lebih nikmat, kolak kacang hijau dan pisang dapat Anda hangatkan terlebih dahulu sebelum disajikan. Selamat mencoba! (DA)
ADVERTISEMENT