Food & Travel
·
22 Februari 2021 8:59

Resep Nasi Uduk Super Mudah ala Anak Kos

Konten ini diproduksi oleh Resep Masakan
Resep Nasi Uduk Super Mudah ala Anak Kos (189715)
Nasi Uduk Foto: dok Mommyasia
Nasi uduk yang merupakan masakan sedap perpaduan nasi dan santan dengan campuran beberapa rempah-rempah ini menjadi salah satu makanan yang paling sering dicari untuk sarapan. Tak hanya dapat dijadikan sarapan, makanan ini juga sangat sering dijadikan teman makan hidangan pecel lele dan pecel ayam.
ADVERTISEMENT

Resep Nasi Uduk Ala Anak Kos

Nasi uduk yang sudah mulai populer sejak 100 tahun lalu ini juga dijajakan di berbagai tempat, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima. Namun jangan khawatir, nasi uduk ini dapat kamu buat sendiri dengan resep nasi uduk super mudah ala anak kos berikut ini!
Resep Nasi Uduk
Resep nasi uduk buat sarapan kini bisa kamu coba buat dengan resep mudah ala anak kos, lho! #userstory
Bahan-bahan
  • 1 liter beras
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang sereh
  • 2 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 bungkus santan kara
Langkah-langkah
  1. Cuci bersih beras yang akan dimasak dengan air bersih, kemudian buang air cuciannya hingga airnya tidak bersisa dalam genangan beras.
  2. Cuci bersih seluruh bahan-bahan bumbu seperti daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas, lalu potong dengan ukuran sedang.
  3. Kemudian setelah seluruh bahan bumbu sudah tercuci hingga bersih, memarkan serai, jahe dan lengkuas agar cita rasa nasi uduk lebih kuat. Serai, jahe dan lengkuas dapat dimemarkan menggunakan ulegan namun jangan sampai halus.
  4. Setelah itu, lalu masukkan seluruh bahan bumbu ke dalam beras yang sudah dicuci tadi, tata hingga bumbunya menyebar ke seluruh wadah beras dan bumbu dapat menyerap ke dalam nasi dengan sempurna.
  5. Setelah bahan selesai diletakkan ke dalam wadah beras, masukkan santan seukuran takaran air yang biasa digunakan untuk memasak nasi.
  6. Setelah masuk semua bumbu dan santan, jangan lupa beri penyedap rasa sedikit saja, garam dan gula. Jangan lupa untuk tes rasa dan juga sesekali diaduk agar nasi uduk matang secara merata. Nasi uduk kini siap dihidangkan bersama lauk kesukaanmu.
Mudah bukan? Jangan lupa siapkan hidangan pendamping seperti telur dadar iris atau tempe orek untuk menambah nafsu makan. (DA)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white