Pasca Lebaran Rini Eko Setiawan Gencar Jalankan Strategi Penjualan Kue Hampers

Konten Media Partner
27 April 2024 19:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pasca Lebaran Rini Eko Setiawan Gencar Jalankan Strategi Penjualan Kue Hampers
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jayapura - Pasca lebaran Rini Eko Setiawan, member TDA Jayapura, makin gencar menjalankan strategi penjualan produk kue hampers
ADVERTISEMENT
Rini Eko Setiani bergabung menjadi member TDA di tahun 2018 dan pernah menjabat sebagai Ketua TDA Jayapura. Memulai bisnis di tahun 2016 usai mengajukan pensiun dini di salah satu bank.
Kini bisnis yang dijalani semakin berkembang bahkan juga aktif dalam berbagai kegiatan pameran produk UMKM. Saat dihubungi pada hari Kamis (25/04/2024), Rini menceritakan jika penjualan hampers pada bulan Ramadan mengalami kenaikan.
"Alhamdulillah penjualan mengalami kenaikan hampers kue kering terdiri dari 7 macam jenis hampers, mulai harga 120rb isi 2 toples mini, sampai 700rb isi 6 toples," terangnya.
Dia menyebutkan, pengiriman dilakukan di berbagai daerah seperti halnya Kota Jayapura, Sentani sampai Wamena. Rini mengatakan jika bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh keberkahan, oleh sebab itu dirinya menerapkan beberapa strategi yang diperoleh dari TDA.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, saat ini dia juga tengah menyiapkan strategi penjualan pasca hari raya, sehingga produknya tetap diminati banyak masyarakat. Dalam pembuatan kue, Rini memiliki ciri khas dengan berbahan dasar sagu.
"Untuk strategi saya menambah saluran distribusi melalui retail modern yang berada di Kota Jayapura sampai Sentani. Selain itu, dalam pembuatan produk Insyaallah tetap konsisten sesuai dengan takaran, sehingga trust yang sudah ada di masyarakat tetap ada, itu salah satu cara kami menjaga kepercayaan konsumen," ungkapnya.
Rini menambahkan jika beberapa kali menerima penghargaan. Di antaranya juara ke 3 dalam ajang AKI 2023 wilayah Papua yang diselenggarakan di Jayapura, terpilih salah satu dari 40 peserta yang terseleksi kurang lebih 1300 alumni AKI 2021, 2022 dan 2023 untuk mengikuti kelas AKI ekspor di PPEI Jakarta pada bulan Maret 2024.
Mendapatkan penghargaan dari BI di tahun 2023 sebagai UMKM Syariah Terinovatif. Saat ini, Rini memproduksi kue terletak di Jalan Pasifik Indah III No.67 Pasir Dua, Jayapura, Papua dengan nama Ririens Food.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, dia berharap bisnisnya dapat terus bertumbuh dan berkembang mulai dari variasi produk, kapasitas produksi, dan pemasaran.
"Semoga nanti pemasarannya bisa sampai ke kota-kota di luar Jayapura dan segera dapat membuka outlet atau toko oleh-oleh," tandasnya.