Konten dari Pengguna

3726 Mdpl: Antara Cinta, Alam, dan Perjuangan

Nafila Widianingrum
Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret Surakarta
20 Oktober 2024 14:41 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Nafila Widianingrum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dok. Pribadi: 3726 Mdpl Karya Nurwita Sari
zoom-in-whitePerbesar
Dok. Pribadi: 3726 Mdpl Karya Nurwita Sari
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Novel “3726 Mdpl” ini mengisahkan tentang Rangga Raja, seorang mahasiswa Fakultas Kehutanan dan juga ketua OSPEK yang memiliki hobi mendaki gunung dan sedang jatuh hati pada adik tingkatnya, Andini Hangura, selama empat tahun lamanya. Meskipun perasaan yang Rangga miliki sudah sedikit-sedikit diperlihatkan, namun Andini tidak pernah memberikan respon atau tanggapan apapun. Setiap kali Rangga mendaki, ia selalu mengirimkan foto dari berbagai puncak gunung dan mengirimkannya kepada Andini berharap ada balasan dari Andini.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, selama empat tahun itu Rangga juga tidak pernah lupa untuk selalu mengucapkan selamat ulang tahun kepada Andini. Namun, selama itu pesannya belum pernah dibalas karena ternyata Andini masih menjalin hubungan dengan Bintang, anak geng motor Fakultas Hukum yang sangat terkenal di kampus. Tetapi, mereka terpaksa harus putus karena ego dan mungkin juga sudah tidak bisa saling memahami.
Kembali ke Rangga, ia merupakan tipikal laki-laki yang tidak pernah menyerah dalam usahanya untuk bisa mendekati Andini. Dia adalah sosok yang sangat puitis dan sabar serta terus berusaha dan tidak pernah menyerah untuk mendekati Andini. Sedangkan Andini sendiri merupakan mahasiswi Fakultas Kehutanan yang cantik dan terkenal pintar karena Andini ini adalah salah satu Mawapres Fahutan.
ADVERTISEMENT
Setiap pendakian gunung yang dilakukan, Rangga selalu menyertakan harapan bahwa Andini akan membalas pesannya. Tepatnya di tahun keempat dan saat itu Rangga mengirim foto dari Gunung Rinjani, gunung impian Andini, balasan yang ditunggu akhirnya datang. Gunung Rinjani, dengan puncaknya yang megah disertai hembusan angin sejuknya menjadi saksi sejarah awal perjalanan cinta Rangga dan Andini, menjadi latar belakang yang sempurna dan elok untuk menggambarkan perjuangan cinta dan pencarian jati diri yang mereka lalui. Tidak hanya sekedar menjadi latar belakang, Rinjani juga menjadi simbol perjuangan, kegigihan, dan pencarian jati diri Rangga dan Andini.
Lambat laun, hubungan mereka perlahan terjalin, setelah Andini membalas pesan salam dari Gunung Rinjani yang dikirimkan oleh Rangga. Percakapan itu terus berlanjut sampai pada titik Rangga berjanji akan mengajak Andini untuk mendaki Gunung Rinjani dan Andini sangat senang mendengar hal itu. Tidak hanya itu, keempat ucapan selamat ulang tahun yang rutin dikirimkan Rangga serta buku soal mawapres yang terkenal sulit untuk didapatkan tapi Rangga memberikannya kepada Andini juga perlahan telah menggugah hati Andini dan membuka pintu hatinya yang selama ini sudah tertutup rapat meski masih dengan adanya bayang-bayang masa lalu, kesabaran serta perhatian yang telah Rangga lakukan selama ini akhirnya berbuah manis juga.
ADVERTISEMENT
Cerita ini adalah perjalanan cinta yang penuh keteguhan, di mana keindahan alam menjadi latar perjuangan Rangga untuk menaklukkan hati Andini, seiring dengan perjuangannya menaklukkan puncak-puncak gunung. Cerita ini mengajarkan kita bahwa jika ingin mendapatkan sesuatu maka kita harus memperjuangkannya dan untuk mendapatkan sesuatu yang indah pasti membutuhkan waktu yang lama, tinggal bagaimana kita untuk tetap memperjuangkan apa yang kita ingin dapatkan atau memutuskan untuk menyerah.
Tapi jangan salah bahwa cinta tidak juga pernah sederhana, akan selalu ada rintangan yang mengiringinya. Meskipun untuk mendapatkannya sulit, bukan berarti setelah mendapatkannya akan menjadi mudah. Justru kalimat mempertahankan tidak semudah mendapatkan itu nyata adanya. Masa lalu yang belum sepenuhnya selesai, serta harapan dan tekanan dari keluarga Andini, menjadi tantangan besar yang menguji hubungan mereka. Saat cinta mulai tumbuh dan semakin kuat, rahasia dan pertemuan tak terduga dengan masa lalu Andini menjadi sebuah ancaman untuk bisa menghancurkan segalanya dan menguji sejauh mana cinta mereka mampu bertahan.
ADVERTISEMENT
“3726 Mdpl” karya Nurwita Sari yang diterbitkan pada Agustus 2024 ini merupakan sebuah novel yang berhasil memikat hati para pembaca dengan kisah cinta yang mengharukan dan disertai dengan penggambaran alam yang memukau. Cover yang menarik dan ilustrasi yang mendukung semakin mempercantik buku ini sehingga dapat menarik minat pembaca. Pertumbuhan dan perkembangan karakter masing-masing tokoh digambarkan dengan jelas, sehingga pembaca dapat merasakan perubahan yang dialami oleh para tokoh di sepanjang cerita ini.
Gaya penulisan yang puitis dan deskriptif semakin membawa pembaca dapat merasakan emosi dan suasana yang mendalam. Adanya tambahan bumbu dinamika keluarga serta adanya perbedaan keinginan antara anak dan orang tua juga menjadi tantangan dalam suatu hubungan, hal tersebut diuraikan secara jelas. Buku ini tidak hanya menyajikan cerita romansa, melainkan juga memberikan pelajaran berharga tentang keberaian untuk melawan ekspektasi dan pengorbanan. Oleh karena itu, banyak pelajaran yang dapat diambil setelah selesai membaca buku ini.
ADVERTISEMENT
Walaupun novel ini memiliki premis yang cukup menarik, namun sangat disayangkan eksekusi pada beberapa bagian terasa kurang maksimal, terutama dalam pengembangan karakter pendukung. Kurang maksimalnya pengembangan karakter pendukung tersebut menimbulkan beberapa bagian cerita yang sedang terlibat konflik dapat dengan cepat atau sederhana terselesaikan sehingga menimbulkan perasaan kurang puas pembaca dalam membaca bagian cerita tersebut. Pemilihan gaya bahasa yang puitis juga terkadang menimbulkan beberapa bagian cerita terkesan sulit untuk dapat dipahami dan membutuhkan beberapa waktu untuk dapat mengambil makna apa yang dimaksudkan.
Perjalanan dan kegigihan Rangga dalam memperjuangkan dan mendapatkan cinta Andini dalam novel “3726 Mdpl” yang berlatar belakang Gunung Rinjani dengan segala keindahannya merupakan sebuah petualangan cinta yang sangat menarik dan menggugah hati. Untuk pembaca yang menyukai novel romantis dengan sentuhan petualangan serta kegigihan, novel ini layak untuk dibaca.
ADVERTISEMENT
Namun, untuk pembaca yang menginginkan alur dan plot yang lebih kompleks dan karakter tokohnya lebih mendalam lagi, mungkin perlu mempertimbangkan ekspektasi saat akan membaca novel ini. Lalu, akankah Rangga dapat menaklukkan hati Andini? Mampukah Rangga dan Andini bertahan menghadapi ujian yang datang dari masa lalu? Akankah mereka berhasil mencapai puncak impian mereka, ataukah cinta mereka akan runtuh di tengah perjalanan?