Sejahterakan Pelaku UMKM! Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Pemasaran Digital

Abidah Nabilah Syu'la
Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Undip
Konten dari Pengguna
8 Agustus 2023 6:28 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Abidah Nabilah Syu'la tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Penangkan, Batang (20/07/2023) - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro TIM II tahun 2023, yang menempati Desa Batang, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, melakukan kegiatan pemberdayaan UMKM di desa setempat. Kegiatan pemberdayaan UMKM tersebut berupa pelatihan dalam menggunakan aplikasi pemasaran digital.
ADVERTISEMENT
Di era serba digital saat ini, selain pertukaran informasi yang begitu cepat, juga merambah kepada sektor perekonomian. Era digital merupakan era dimana segala sesuatu dalam kehidupan sangat erat hubungannya dengan teknologi internet. Salah satu kegiatan yang sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh para pelaku usaha di era digital adalah digital marketing (pemasaran digital). Pemasaran secara digital ini tidak serta merta hanya dilakukan oleh pemilik perusahaan besar, namun beberapa pelaku UMKM atau pemilik usaha yang masih merintis juga telah melakukan variasi pemasaran tersebut.
Pendampingan Pembuatan Akun Facebook dan Shopee Kepada Para Pelaku UMKM
Sebagai pemilik UMKM, melihat segala informasi dapat diakses dengan cepat dan dimana saja, melakukan pemasaran secara digital merupakan pilihan yang tepat, dikarenakan banyaknya masyarakat yang mulai berinternet melalui sosial media. Hal tersebut dapat menjadi ladang emas bagi para pelaku UMKM untuk melebarkan pasarnya dan meraup keuntungan yang masif.
ADVERTISEMENT
Para pelaku UMKM di Desa Penangkan, terbilang masih minim dan belum begitu mengerti tentang pemasaran digital. Mahasiswa KKN UNDIP Tim II melakukan kegiatan edukasi tentang pemasaran digital bagi pelaku UMKM di Desa Penangkan. Pelaksanaan kegiatan ini diadakan di aula Balai Desa Penangkan. Selain memberikan edukasi tentang pemasaran digital, mahasiswa KKN juga mengajarkan bagaimana cara memasarkan produk melalui sosial media yaitu facebook lewat fitur marketplace dan aplikasi shopee. Dalam kegiatan edukasi tersebut dihadiri sejumlah 15 pelaku UMKM dengan bermacam-macam produk seperti, sale pisang, keripik pisang, rengginang, telur asin, dan pakaian.
Foto Bersama Para Pelaku UMKM dengan Mahasiswa KKN UNDIP
Harapannya melalui diadakannya kegiatan ini, para pelaku UMKM dapat lebih paham mengenai pentingnya pemasaran digital, serta mampu memasarkan produknya melalui sosial media, seperti facebook dan shopee. Para pelaku UMKM juga dapat lebih melek tentang penggunaan sosial media, serta produk yang dijual dapat lebih meluas sehingga mampu mendatangkan keuntungan yang banyak.
ADVERTISEMENT