Komunitas di Cirebon Adakan Bersih-Bersih di Gedung Bundar

Konten Media Partner
4 Agustus 2018 20:54 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Komunitas di Cirebon Adakan Bersih-Bersih di Gedung Bundar
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
AboutCirebon.id ,- Cagar budaya sudah sepatutnya dilestarikan bersama. Sejarah serta nilai budaya yang terkandung di dalamnya merupakan warisan dari nenek moyang, untuk tetap dijaga dan tetap hidup dari masa ke masa.
ADVERTISEMENT
Melihat cagar budaya Gedung Bundar di Kawasan Kebumen Kota Cirebon yang tak terawat, menjadikan komunitas Cirebon Local Guide untuk mengadakan aksi bersih-bersih. Pihaknya juga menggandeng Paguyuban Jaka Rara Kota Cirebon dan masyarakat sekitar untuk bergotong royong membersihkan kawasan tersebut.
"Tujuan dari bersih bersih ini yakni ingin membuat Cirebon menjadi kota yang bisa menghargai dan merawat warisan budaya, khususnya di Gedung dan Taman Bundar Kebumen yang termasuk Wisata Kota Tua Cirebon," ungkap Perwakilan Komunitas Cirebon, Diki Nugroho kepada About Cirebon.
Sebanyak 30 orang lebih berpartisipasi membersihkan bangunan tersebut. Nampak lebih rapih dan indah dilihat setelah dilakukan bersih-bersih. Tempat ini juga nyaman dan bisa menjadi spot berfoto yang iconic di Kota Cirebon.
ADVERTISEMENT
Diki mengatakan, Cirebon Local Guide sendiri merupakan komunitas pemandu wisata yang mempunyai komitmen peduli terhadap sejarah, budaya, dan situs cagar budaya lainnya yang ada di Cirebon. Komunitas ini sudah berdiri sejak tahun 2017 lalu.
Kegiatan bersih-bersih ini perdana diadakan oleh komunitasnya. Namun kedepannya akan diadakan secara rutin, untuk mengajarkan cinta lingkungan kepada masyarakat lainnya.
"Harapan kami, khususnya bagi warga Cirebon agar tetep menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan terpenting mau menghargai dan melestarikan warisan cagar budaya sebagai sejarah yang ada di Kota Cirebon," pungkasnya.