Opini & Cerita16 September 2020 6:03

Dukung Kemampuan Otak, Menulis dengan Tangan Jauh Lebih Baik daripada Mengetik

Konten kiriman user
Dukung Kemampuan Otak, Menulis dengan Tangan Jauh Lebih Baik daripada Mengetik (821979)
Gambar oleh StartupStockPhotos dari Pixabay
Menulis dengan tangan, baik menggunakan pena atau alat bantu lainnya, adalah metode yang baik untuk otak, percayakah kamu?
ADVERTISEMENT
Mencatat dengan tangan juga merupakan metode yang ampuh untuk mengenkripsi kognisi dan mendukung kapasitas otak untuk mengambil informasi. Lalu, pada saat kamu membuat catatan dengan tangan, tanganmu menciptakan penyimpanan memori eksternal yang kuat, dari apa yang kamu tulis.

Apa keuntungannya?

Membuat catatan dengan tangan menggunakan pena adalah solusi yang mempunyai banyak keuntungan. Umumnya, kita mulai menerapkan cara ini pada saat kita mengenyam pendidikan dasar.
Beranjak dewasa kita lantas terbiasa hidup dengan serba digital, dengan kegiatan sehari-hari sering melibatkan komunikasi digital. Mencatat menggunakan gawai menjadi keterampilan yang penting dan tentunya lebih praktis dalam mencatat. Menggantikan kebiasaan kita menulis dengan pena. Namun, ketika kita mengetik menggunakan keyboard pada gawai, tidak ada feedback yang diberikan ke otak. Tidak seperti kontak kita dengan pensil, pena, dan kertas.
Dukung Kemampuan Otak, Menulis dengan Tangan Jauh Lebih Baik daripada Mengetik (821980)
Gambar oleh StartupStockPhotos dari Pixabay
Para peneliti, sebagaimana dilansir BBC International, telah menyatakan bahwa pencatatan yang dilakukan dengan gawai, sebagai media melibatkan pencatatan kata demi kata dengan cara yang tidak melibatkan pemrosesan informasi, disebut sebagai pencatatan "non-generatif".
ADVERTISEMENT
Sebaliknya, membuat catatan tanpa gawai akan melibatkan fungsi kognitif dalam meringkas, memparafrasakan, mengatur, dan memetakan konsep atau kosakata. Singkatnya, ini dapat memanipulasi dan mengubah informasi yang mengarah pada pemahaman yang lebih dalam.
Catatan yang baik bergantung pada kefasihan tangan ketika mencatat. Hal ini bisa dengan optimal didapatkan ketika kita mampu menulis rangkaian antara huruf, yang relatif rapi dan terhubung, sehingga tidak sulit untuk memproses informasi yang kita catat. Metode ini pun dikatakan dapat menciptakan sirkuit saraf, untuk mengingat makna tulisan yang anda catat.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white