Jembatan Matematika di Cambridge

Pencinta Cerita dan Asal-usul Kata
Konten dari Pengguna
16 Januari 2020 18:16
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Absal Bachtiar tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto: Jembatan Matematika di Cambridge
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Jembatan Matematika di Cambridge
ADVERTISEMENT
Di Cambridge, Inggris, ada sebuah jembatan yang begitu unik. Karena keunikannya, jembataini bahkan biasa disebut dengan nama Jembatan Matematika.
ADVERTISEMENT
Jembatan Matematika terbentang melintasi Sungai Cam dan menghubungkan dua bagian kampus Queen's College. Dalam buku In The History of the University of Cambridge, penulis Edmund Carter pernah mengekspresikan kekagumannya terhadap jembatan tersebut sebagai jembatan dari kayu-kayu yang digabungkan dan ditopang oleh penopang batu di mana air banjir tidak bisa mencapai bagian kayu yang paling rendah.
Jembatan Matematika memang terbuat dari sejumlah potongan kayu yang disambung-sambungkan. Meski potongan kayu tersebut berbentuk lurus, Jembatan Matematika berdiri secara melengkung di atas sungai. Konstruksi jembatan dengan desain seperti ini bisa dilakukan berkat perhitungan matematis yang kompleks dan akurat.
Jembatan Matematika dibangun pada tahun 1749 dan desainnya dibuat oleh arsitek William Etheridge. Sebelum Etheridge membuat desain Jembatan Matematika, ada seorang tukang kayu bernama James King yang membuat desain serupa untuk membantu Jembatan Westminster. Kebetulan, Etheridge adalah mandor dari James King.
ADVERTISEMENT
Saat James King meninggal pada tahun 1744, Ethedirge mengambil alih proyek di Westminster. Dari sini, bisa jadi ia kemudian menerapkan desain James King sebagai inspirasinya dalam merancang Jembatan Matematika.
Desain jembatan berupa potongan kayu-kayu lurus dan panjang yang digabungkan memang ada di berbagai tempat. Leonardo Da Vinci misalnya, pernah menggambar desain serupa dalam buku catatannya. Di Denmark Utara, juga ada jembatan seperti demikian.
Sumber:historicalnovelsociety.org | reachcambridge.com | amusingplanet.com
Sumber foto: commons.wikimedia.org
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·