Opini & Cerita15 September 2020 4:03

Kehebatan Udang Karang dalam Mendeteksi Kemurnian Air

Konten kiriman user
Kehebatan Udang Karang dalam Mendeteksi Kemurnian Air (1027986)
Udang karang | Wikimedia Commons
Udang, yang enak dimakan setelah digoreng, rupanya bukan hanya lezat sebagai hidangan. Ketika mereka dibiarkan hidup, udang juga memiliki manfaat yang begitu vital bagi kehidupan kita, yaitu untuk mendeteksi kemurnian air.
ADVERTISEMENT
Alih-alih menggunakan teknologi modern, udang karang justru memiliki keunggulan lebih sebagai sebagai alat pendeteksi. Setiap perubahan perilaku udang berbanding lurus dengan perubahan tingkat kemurnian air.
"Ketika tiga udang karang atau lebih mengubah aktivitas denyut nadi mereka, kita tahu bahwa parameter air telah berubah," kata Michal Voldrich, atasan di tempat pembuatan bir.
Ide cemerlang tersebut, mendeteksi kemurnian air dengan udang, diaplikasikan oleh pernah tempat pembuatan bir di Protivin, Ceko. Demi menghasilkan bir terbaik mereka membutuhkan sumber air alami yang terjamin kualitasnya.
Dilaporkan oleh Reuters, udang karang bereaksi jauh lebih cepat dibanding pendedektor lainnya. Bahkan hewan ini sanggup merasakan polusi dalam konsentrasi yang sangat rendah.
Produsen bir di Ceko ini ternyata bekerja sama dengan para ilmuwan di Fakultas Perikanan dan Perlindungan Air dari South Bohemia University. Penemuan mereka tentunya jadi terobosan penting mengingat kebutuhan akan air bersih semakin meningkat saat ini.
ADVERTISEMENT
Memang, metode terbaik untuk mengetahui kerusakan komponen penting di planet bumi ialah dengan bantuan alam. Sebagaimana cara jenius produsen bir memeriksa kemurnian air dengan bantuan udang.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white