kumparan
search-gray
News9 Maret 2020 15:42

Mengapa Kebanyakan Kucing Memiliki Kaki Berwarna Putih?

Konten kiriman user
Mengapa Kebanyakan Kucing Memiliki Kaki Berwarna Putih? (207923)
Foto: Kaki Kucing Kebanyakan Berwarna Putih, Tidak Peduli Apapun Warna Bulu Dominannya
Apakah kamu memiliki kucing di rumah? Jika kamu perhatikan, kebanyakan kucing ternyata memiliki kaki yang berwarna putih. Memang, masih ada kucing-kucing yang memiliki kaki dengan warna yang beragam, namun jika kamu perhatikan dengan lebih seksama, kamu akan menemui lebih banyak kucing dengan kaki berwarna putih.
ADVERTISEMENT
Ternyata, hal tersebut tidak terjadi begitu saja. Menurut penuturan Leslie Lyons, Profesor Emerita dan Kepala Feline Genetics Laboratory di University of Missouri College of Veterinary Medicine, mengatakan bahwa hal tersebut dimulai saat terjadinya domestikasi (penjinakkan hewan liar) pertama di Bumi.
“Ketika manusia menjadi petani dan mulai tinggal di satu tempat, mereka mulai menemui masalah pada toko gandum mereka. Mereka pun mulai menjinakkan kucing yang sebelumnya termasuk hewan liar, untuk berburu tikus-tikus yang meresahkan. Tentu itu akan menguntungkan mereka, dan juga menguntungkan si kucing karena dapat menemukan makanan dengan mudah,” kata Leslie.
Mengapa Kebanyakan Kucing Memiliki Kaki Berwarna Putih? (207924)
Foto: Kaki Putih Kucing Terjadi Karena Mutasi Genetik, Domestikasi, dan Biologi Perkembangan
Leslie menambahkan, warna dan tanda bulu yang khas ini muncul saat embrio kucing berkembang. Sel-sel yang memberi warna pada bulu kucing untuk pertama kalinya akan muncul sebagai sel krista neural yang biasanya akan muncul di bagian belakang.
ADVERTISEMENT
Kemudian, sel-sel tersebut perlahan ‘bermigrasi’ ke bawah dan di sekitar tubuh lainnya. Apabila sel tersebut bergerak cukup jauh hingga ke sisi depan kucing, maka embrio tersebut akan terlahir sebagai anak kucing dengan warna solid, seperti kucing hitam atau oranye. Sebaliknya, apabila tidak sampai, maka sel-sel tersebut akan menjalar hanya ke beberapa bagian, seperti wajah, dada, perut, dan kaki.
Jadi, jika kamu melihat kucing dengan kaki berwarna putih, kamu sudah tahu bahwa itu adalah salah satu hasil dari mutasi genetik, domestikasi, dan biologi perkembangan. Meskipun jika kamu mencoba memberi tahu kucingmu, mungkin mereka akan menatap heran ke arahmu sebelum beranjak pergi.
Sumber: coleandmarmalade.com | consciouscat.net | livescience.com
Sumber foto: flickr.com
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white