kumparan
21 Sep 2019 16:01 WIB

Museum Dengan Koleksi Rumah-rumah Tua di Inggris

Foto: Bangunan toko di museum dari abad pertengahan
Museum pada umumnya dibangun untuk mengoleksi peninggalan-peninggalan bersejarah. Sebuah desa di Singleton, Sussex Barat, Inggris memiliki sebuah museum unik dengan koleksi yang tidak biasa. Museum itu bernama Weald and Downland Living Museum (sebelumnya Weald and Downland Open Air Museum) adalah museum rumah atau museum yang memiliki koleksi peninggalan sejarah berupa rumah dan bangunan tua. Luas museum lebih dari 40 hektar yang memamerkan kurang lebih 50 rumah bersejarah. Rumah dan bangunan itu berasal dari abad ke-10 hingga abad ke-19, yang telah diselamatkan dari pembongkaran.
ADVERTISEMENT
Setiap bangunan dengan hati-hati dibongkar, diangkut dari situs aslinya, dan dengan susah payah direkonstruksi di museum. Ada rumah penduduk biasa, rumah pertanian, pondok pekerja, toko, lumbung, sekolah, gereja, dan banyak lagi. Mereka datang dari seluruh wilayah Inggris Tenggara.
Foto: Weald and Download Open Air Museum
Weald and Downland Open Air Museum dibentuk pada tahun 1967 oleh sekelompok kecil orang yang tertarik dengan bangunan tua, salah satu pendirinya adalah mendiang Roy Armstrong. Situs ini pernah mendapatkan sumbangan dari penyair Inggris filantropis Edward James.
Rumah pertama yang tiba di lokasi adalah dapur Tudor, yang terlantar akibat pembangunan Waduk Bough Beech di Kent. Bangunan perdana ini juga dijadikan sebagai logo museum. Ketika koleksi bangunan dan rumah tua mulai banyak berdatangan, Komite Situs & Bangunan pun dibentuk untuk menyetujui akuisisi dan penentuan lokasi bangunan pameran.
ADVERTISEMENT
Museum mulai dibuka untuk umum pertama kali pada tahun 1970 dengan tujuh bangunan, yang terdiri dari dapur Tudor, sebuah rumah Tol dari Beeding Atas, rumah pertanian Bayleaf abad ke-15, toko abad pertengahan dari Horsham, dan rumah pertanian Pendean abad ke-17 yang berasal dari dekat Midhurst.
Bangunan tersebut juga dilengkapi dengan perabotan persis seperti yang ada di masa lalu. Sehingga para pengunjung seolah-olah sedang menjelajahi rumah itu seperti berjalan melewati hampir seribu tahun kehidupan pedesaan Inggris. Jika anda berwisata kesana, anda dapat menaiki tangga sebuah pondok pengrajin abad ke-17 untuk berbaring di ranjang jerami, menggiling tepung di watermill abad ke-17, atau bahkan mencicipi daging sapi dengan pottage dan kenari prune di dapur Tudor tahun 1540. Saat ini perabotan yang menjadi koleksi museum semakin bertambah ada derek kayu, kincir air, dan treadmill pekerja.
ADVERTISEMENT
Sumber: wealddown.co.uk | amusingplanet.com
Sumber foto: commons.wikimedia.org
Apakah anda tertarik berwisata sejarah di museum tersebut?
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan