kumparan
17 November 2019 13:22

Orang Eropa Dahulu Tidur di Dalam Kotak?

800px-Dietenheim_-_Museum_Kastenbett.jpg
Foto: Box Bed (commons.wikimedia.org)
Di mana Anda biasa tidur? Jawabannya tentu saja bisa beragam. Ada orang yang biasa tidur di kasur, tikar, mobil, sofa, dan sebagainya. Namun, orang Eropa abad pertengahan agaknya tidur di tempat yang terbilang unik dan tak biasa bagi orang masa kini.
ADVERTISEMENT
Orang Eropa pada abad pertengahan biasa tidur di dalam sebuah kotak. Sebenarnya mereka tidur di tempat tidur biasa, namun tempat tidur tersebut diletakkan di sebuah kotak kecil dengan pintu agar orang yang ingin tidur bisa masuk dan keluar.
Kotak tempat orang Eropa masa lampau tidur terbuat dari kayu yang diletakkan di dalam rumah. Jika dilihat, bentuknya lebih mirip dengan lemari ketimbang tempat tidur.
Lantas, mengapa mereka tidur di dalam kotak? Ternyata ada beberapa penyebab. Pertama adalah faktor privasi. Pada masa lalu, masyarakat Eropa masih banyak yang terbelit kemiskinan sehingga rumah mereka pun biasanya hanya punya satu atau dua kamar. Agar punya privasi saat tidur, mereka mau tidak mau harus masuk ke dalam kotak.
ADVERTISEMENT
Penyebab kedua adalah adaptasi iklim. Pada musim dingin, tidur di dalam kotak kecil akan menjaga panas tubuh agar terkurung dan tidak kemana-mana sehingga suasana pun menjadi lebih hangat.
Penyebab ketiga, orang ingin melindungi diri dari serangan hewan buas. Petani-petani biasanya memasukkan anak-anak mereka ke dalam kotak sebelum ditinggal bekerja di ladang.
Penggunaan kotak untuk tidur mulai ditinggalkan pada abad ke-19 seiring dengan meningkatnya kesadaran tentang pentingnya udara bersih. Namun, di Skotlandia praktik ini masih berlanjut hingga era 1900-an.
Sumber: thevintagenews.com | amusingplanet.com
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan