kumparan
14 November 2019 9:45

Pesan Tersembunyi di Monumen Peringatan Perang Dunia Kedua

800px-Kilroy_Was_Here_-_Washington_DC_WWII_Memorial.jpg
Foto: Kilory adalah sosok kartun yang bermula dari seorang tentara Amerika serikat bernama James Kilory
Di monumen peringatan Perang Dunia Kedua yang terletak di Washington DC, Amerika Serikat, terdapat sebuah pesan tersembunyi. Saking tersembunyinya, pesan itu hanya bisa dilihat jika Anda memerhatikan seluruh sudut monumen secara seksama.
ADVERTISEMENT
Meski terkesan misterius, pesan itu sebetulnya justru jenaka. Pesan tersembunyi yang ada di monumen Washington berwujud sosok berkepala botak dan berhidung panjang yang digambarkan mengintip di atas tembok.
Sosok itu dikenal dengan nama Kilroy, nama yang diambil dari petikan tulisan di sebelah gambar yang tebaca "Kilroy Was Here".
Kartun dengan sosok Kilroy bermula dari seorang tentara Amerika Serikat bernama James Kilroy yang menuliskan coretan namanya di seluruh interior kapal Liberty Ships. Gara-gara itu, nama Kilroy jadi terkenal di kalangan para pelaut hingga menjadi semacam bahan bercandaan di kalangan mereka.
Ketenaran nama Kilroy semakin terkenal hingga ke berbagai negara. Seiring waktu, simbol Kilroy Was Here bahkan menjadi semakin sering terlihat saat Perang Dunia Kedua meletus. Ketika tentara Amerika Serikat mendarat ke suatu tempat, mereka sering melihat pesan tersebut di dinding, pagar, atau tempat lain.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui juga, sosok Kilroy ternyata tak hanya terlihat di Washington DC, melainkan juga di negara lain. Diketahui kartun Kilroy juga ada di Jepang, Filipiha, Prancis, dan Italia.
Sementara itu di Washington DC, pesan Kilroy tidak digambar secara sederhana seperti pada masa perang. Pesan misterius itu justru digambar dengan cara diukir, menandakan sosok botak itu diharapkan tetap abadi bersama ingatan tentang perang itu sendiri.
Sumber: thoughtco.com | atlasobscura.com
Sumber foto: commons.wikimedia.org
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan