Pencarian populer
USER STORY
10 November 2018 14:07 WIB
..
..

Pohon Apel yang Menimbulkan Teori Gravitasi

Isaac Newton muda sedang duduk di dekat pohon ini ketika mendapatkan inspirasinya.

Foto: Pohon Apel Newton di Woolsthorpe Manor | commons.wikimedia.org

Syahdan, Isaac Newton pulang ke rumah keluarganya di Woolsthorpe Manor, Lincolnshire, Inggris, pada 1665. Dia khawatir akan terkena wabah penyakit pes bila tetap tinggal di area perkotaan, oleh karenanya pindah sejenak ke kampung halaman merupakan opsi terbaik.

Di dekat rumah peninggalan leluhurnya itu tumbuh Flower of Kent (varietas apel hijau), dan suatu ketika di kala senggang Newton yang berusia 23 duduk di dekatnya. Buahnya terjatuh di depan penglihatan Newton, dia mengamatinya, merenunginya, lalu menyimpulkan bahwa terdapat suatu gaya yang menarik benda-benda untuk terjun dalam garis lurus ke arah bumi.

Itu adalah langkah pertama yang akan menuntun Newton muda pada Teori Gravitasi. Pemikiran awal yang kemudian dia publikasikan hasil penjabarannya pada tahun 1687. Beriringan dengan popularitas teorinya yang lantas meluas, Flower of Kent di halaman rumah keluarga Newton jua turut terkenal dan kemudian dijuluki Newton's Apple Tree.

Sisi menarik dari cerita tersebut adalah kekeliruan masyarakat modern yang gemar menggambarkan Pohon Apel Newton sebagai buah merah yang tampak lezat. Padahal, Flower of Kent bukanlah buah yang nikmat bila disantap langsung. Ini adalah kultivar apel hijau kemerahan yang digunakan untuk memasak dan tidak disarankan untuk dihidangkan begitu saja di atas meja makan.

Bagaimanapun, kelebihan Flower of Kent yaitu kelangkaannya, cukup sulit bagi kita untuk mendapatkan bibitnya. Meski teksturnya kenyal dan rasanya tak istimewa, banyak yang berupaya untuk menanamnya kembali di berbagai tempat.

Boleh jadi lantaran popularitas Newton pula yang membuat orang mengagumi Flower of Kent. Sehingga Pusat Penelitian Buah di East Malling, Inggris, mengambil bagian dari Newton's Apple Tree pada 1930-an untuk mengembangkan keturunannya. Pohon yang identik secara genetik dengan Newton's Apple Tree juga sedang tumbuh di Trinity College (Inggris), Parkes Observatory di Australia, serta di Massachusetts Institute of Technology (Amerika Serikat).

Tersedia ruang khusus di dalam sejarah sains untuk Flower of Kent dari Woolsthorpe Manor dan itulah alasan pohon aslinya masih dirawat dengan cukup baik hingga kini --walau telah menderita banyak kerapuhan selama berabad-abad.

Sumber: bbc.com | atlasobscura.com

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: