News
·
17 November 2020 19:47

T-rex Tidak Mengunyah Makanannya dan 3 Fakta Menarik tentang Dinosaurus

Konten ini diproduksi oleh Absal Bachtiar
T-rex Tidak Mengunyah Makanannya dan 3 Fakta Menarik tentang Dinosaurus (271997)
Tyrannosaurus Rex | Gambar oleh AzDude di Pixabay
Ratusan juta tahun yang lalu, Bumi telah ditempati oleh dinosaurus. Mereka datang dari berbagai macam jenis, ukuran, dan tempat tinggal.
ADVERTISEMENT
Dari banyaknya jenis dinosaurus yang tersebar di Bumi pada saat itu, ada pula keunikkan pada masing-masing dari mereka. Kemungkinan tidak semuanya telah kamu tahu; tidak akan kamu temukan juga pada hewan-hewan lain yang hidup saat ini. Seperti apa keunikannya? Berikut ini empat fakta di antaranya, sebagaimana dilansir oleh BBC Natural Histories.

Gigi dan cara makan Tyrannosaurus rex

Tyrannosaurus rex atau yang lebih akrab disebut T-rex hanya memiliki gigi-gigi tajam sepanjang 15 cm. Tidak ada gigi geraham untuk mengunyah makanan, sebab T-rex akan langsung menelan makanannya dalam ukuran yang besar.
Kondisi itu memungkinkan gigi tajam T-rex hanya digunakan untuk mencabik-cabik mangsanya saja.

Dinosaurus Terkecil

Jangan sangka semua dinosaurus itu besar, sebenarnya ada juga yang berukuran kecil. Dinosaurus terkecil yang pernah diteliti ternyata ukurannya sama dengan burung kolibri lebah. Ini adalah burung terkecil di dunia yang masih hidup sekarang.
ADVERTISEMENT

Dinosaurus Terbesar

Jika ada yang terkecil, tentu ada juga yang paling besar. Namun, beberapa peneliti sempat memperdebatkan dinosaurus apa yang terbesar, yang pernah hidup di Bumi?
Sebagian dari mereka mengklaim bahwa itu adalah Dreadnoughtus schrani. Sementara peneliti yang lain mengatakan yang paling besar di antara semua dinosaurus adalah Argentinosaurus huinculensis, yang panjangnya lebih dari 39,6 meter dan berat yang mencapai 70 ton.

Ukuran Makanan

Semakin besar ukurannya, biasanya kebutuhan asupannya pun semakin banyak. Beberapa dinosaurus herbivora, misalnya, akan memakan setumpuk tumbuh-tumbuhan yang bisa seukuran bus saat ini.
Beruntung, pada zaman kuno begitu banyak pepohonan yang bisa mencukupi kebutuhan mereka.