Lulus Sarjana Akuntansi? Berikut Tips Karier Sebagai Auditor

Mahasiswa S1 AKUNTANSI Unpam
Konten dari Pengguna
15 Mei 2022 11:53
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Aby rizkillah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Lulus Sarjana Akuntansi? Berikut Tips Karier Sebagai Auditor (206597)
zoom-in-whitePerbesar
sumber foto: penulis
Profesi sebagai auditor merupakan profesi yang telah diketahui betul oleh mahasiswa akuntansi. Tapi tahukah kamu kemampuan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang auditor? Profesi sebagai auditor memang memiliki peluang besar untuk menerima gaji yang banyak, hal ini juga sesuai dengan beban kerja yang diberikan. Seorang auditor tak jarang bekerja hingga larut karena deadline yang dikejarnya.
ADVERTISEMENT
Auditor merupakan profesi yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan sebuah laporan keuangan perusahaan secara objektif, hal ini ditujukan untuk menentukan apakah laporan yang telah dibuat tersebut sudah menyajikan informasi keuangan secara baik dalam segala hal yang bersifat material, posisi keuangan, juga hasil usaha entitas bisnis atau perusahaan tersebut. Auditor terbagi oleh empat jenis yaitu audit internal, audit eksternal, auditor pajak, auditor pemerintah. Seorang auditor dapat bekerja di lembaga pemerintahan, perusahaan swasta, konsultan, dan dirjen pajak.
Seorang auditor perlu memiliki kemampuan untuk menganalisis, berpikir logis, berpikir sistematis, kemampuan berkomunikasi, penguasaan teknologi, dan ketelitian. Hal ini diperlukan karena sejalan dengan tanggungjawab yang akan seorang auditor dapatkan. Pemeriksaan laporan keuangan yang baik akan dihasilkan dari mereka yang mampu melakukan penilaian secara objektif, ahli, dan cermat dalam melakukan pekerjaan sebagai auditor. Menjadi seorang auditor harus memahami berbagai persyaratan. Pertama, memiliki kemampuan dan pelatihan teknis untuk menjadi auditor. Kemudian mampu bersikap independen dalam setiap permasalahan. Mampu menggunakan kemampuan profesionalnya secara cermat dan teliti sebagai seorang auditor
ADVERTISEMENT
Untuk dapat mewujudkan cita-cita sebagai seorang auditor, maka kamu perlu mengenyam pendidikan dalam bidang akuntansi dan mendapatkan gelar sarjana akuntansi. Kemudian perlu disiapkan pula sertifikasi auditor yang dapat membantu mendapatkan profesi auditor. Sertifikasi tersebut diantaranya adalah Certified Internal Auditor (CIA), Certified Forensic Auditor (CFrA), Certified Government Auditing Professional (CGAP), Certified Financial Services Auditor (CFSA), Certification in Risk Management Assurance (CRMA), dan Certification in Control Self-Assessment (CCSA).
Menjadi auditor bukanlah hal yang mudah, dibalik banyaknya upah yang diterima sebanding dengan tanggungjawab dan tekanan yang didapat. Perjalanan menjadi seorang auditor tentunya bukan sesuatu yang instan, maka dari itu perlu adanya persiapan sejak dini untuk menggapai cita-citamu untuk berprofesi sebagai auditor.