kumparan
27 Oktober 2019 18:25

Berita Resmi Pemerintah Banda Aceh, Kini Hadir dalam Aplikasi Mobile

Dok. Humas Banda Aceh
Menjawab tentangan zaman era revolusi 4.0, Pemerintah Kota Banda Aceh tak hanya sukses merubah tampilan website resmi Pemerintah Kota Banda Aceh [www.bandaacehkota.go.id], tetapi juga menghadirkan portal berita tersebut dalam aplikasi mobile.
ADVERTISEMENT
Kabag Humas Sekretariat Daerah Kota Kota Banda, Taufiq Alamsyah mengatakan aplikasi versi mobile ini telah diluncurkan pada Kamis, 24 Oktober 2019 lalu. “Aplikasi ini kami hadirkan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi tentang pemerintahan dan juga pembangunan Kota Banda Aceh sekaligus menjawab tantangan zaman era revolusi 4.0. Aplikasi kami eye catching, operasionalnya memudahkan pengguna,” katanya.
Kasubbag Advokasi dan Komunikasi Bagian Humas, Aulia Rachmana Putra menyampaikan aplikasi ini dibangun oleh tenaga IT Bagian Humas. “Memanfaatkan SDM kita membangun aplikasi ini. Aplikasi bisa diunduh melalui play store smartphone berbasis android,” ungkap Aulia.
Bagi pengguna smartphone jenis android, aplikasi ini dapat diunduh di play store secara gratis. “Caranya masuk ke play store, ketik Banda Aceh di menu pencarian (search) kemudian klik untuk diunduh agar muncul di tampilan utama smartphone pengguna,” jelas Aulia. Atau dengan cara mengklik link berikut ini, portal Banda Aceh.
ADVERTISEMENT
Sejumlah kelebihan ditawarkan versi aplikasi ini. Pengguna mendapatkan langsung notifikasi berita dan informasi terbaru tentang Pemerintahan Kota Banda Aceh yang termuat di website resmi, bandaacehkota.go.id.
Ilustrasi, kantor Wali Kota Banda Aceh. Foto: Aulia
Pada versi mobile ini, masyarakat kota Banda Aceh khususnya, dan warga Aceh dan Indonesia secara umum, tidak hanya akan mendapatkan informasi seperti berita saja. Tetapi, ada berita foto serta majalah online warta kota yang merangkum berbagai kegiatan pembangunan Banda Aceh.
“Harapannya dengan hadirnya aplikasi ini keterbukaan informasi publik semakin meningkat demi terciptanya good governance,” Aulia menambahkan.
Menurutnya, latar belakang Humas Banda Aceh menghadirkan versi mobile, berdasarkan data pengunjung portal resmi Pemko Banda Aceh. Dari sebanyak 135.335 pengunjung per hari yang mengakses website, 76,02 persen menggunakan smartphone. Selebihnya, menggunakan komputer/laptop dan tablet.
ADVERTISEMENT
“Ini alasan utama kenapa kami menghadirkan versi mobile. Ke depan, website ini akan hadir dengan versi IOS yang dapat diakses oleh pengguna Iphone,” kata Aulia. [Adv]
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan